Tanah Bumbu (ANTARA) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang penyeberangan angkutan antarpulau, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero Cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membuka layanan penumpang kapal tujuan Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

"Kalau tidak ada halangan atau perubahan jadwal, rute tersebut akan dilayani oleh KMP Awu-Awu pada Kamis 10 Maret 2023," kata Kepala PT ASDP Persero Cabang Batulicin Yefri Hendri di Batulicin Senin.

Yefri mengatakan ASDP sudah sejak lama berencana membuka layanan kapal pada rute Batulicin-Garongkong, namun beberapa pekan kemarin sempat ditutup akibat kapal yang biasa melayani penumpang sedang menjalan perbaikan secara berkala (docking).

Dia mengatakan KM Awu-Awu bukan mengalami kerusakan, namun masuk jadwal rutin perawatan berkala pada Februari 2023, sehingga kapal itu harus dikirim ke galangan kapal untuk pengecekan dan perawatan rutin.

"Insya Allah pada pekan ini pihak manajemen akan segera membuka layanan pada rute tersebut," ujar Yefri.

Untuk kelengkapan lain ada proses docking, dia menuturkan masih menunggu tahap verifikasi dokumen dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan sertifikat pelayanan minimal dari Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD).

Yefri menyebutkan KMP Awu-Awu akan segera dikirim ke Pelabuhan Batulicin untuk beroperasi mengantarkan penumpang ke Pelabuhan Garongkong pada 10 Maret 2023. Jika kelengkapan seluruh dokumen sudah rampung.

"Untuk menunjang layanan kapal lebih maksimal, PT ASDP juga meningkatkan fasilitas dengan menyediakan tempat tidur bagi penumpang kapal sebanyak 60 ranjang bertingkat," ujar Yefri.

Sebelumnya, para penumpang kapal hanya mendapatkan fasilitas tempat duduk dan fasilitas tempat tidur hanya seadanya atau menggunakan tikar.

Yefri menambahkan saat ini kondisi lalu lintas jumlah penumpang dari Batulicin menuju Garongkong relatif normal atau tidak ada lonjakan jumlah penumpang, rata-rata dalam satu kali keberangkatan KM Awu-Awu membawa 150 orang penumpang atau 18 unit kendaraan roda empat dan roda enam dengan kapasitas kapal mencapai 200 penumpang orang dan 22 unit kendaraan rodan empat dan enam.

Harga tiket untuk pas orang dewasa sebesar Rp143.500, bayi Rp14.550, kendaraan roda empat Rp2.255.600, dan kendaraan roda enam Rp3.233.500.

Pewarta : Imam Hanafi/sujud mariono
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024