Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, mendapat undangan dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam rangkaian Universal Health Coverage (UHC) Award sebagai salah satu daerah di Indonesia dengan cakupan perlindungan kesehatan kepada seluruh warganya.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bantaeng Namirah Malik di Bantaeng, Sabtu, mengatakan penghargaan UHC Award ini rencananya akan diserahkan di Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023 oleh Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin.

Menurut dia, penghargaan ini sekaligus menandakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bantaeng benar-benar fokus untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat daerah itu, di mana setiap orang sudah terlindungi BPJS kesehatan, sehingga tidak lagi perlu takut terbebani biaya perlindungan kesehatan.

Ia menyebutkan cakupan layanan BPJS kesehatan Kabupaten Bantaeng mencapai 102 persen, artinya tidak hanya warga Bantaeng yang terlindungi BPJS kesehatan, ada pula beberapa warga sekitar yang menggunakan fasilitas kesehatan di Bantaeng dan terlindungi BPJS kesehatan.

"Angka ini kami laporkan setiap bulan ke pemerintah kabupaten. Seluruh warga Bantaeng saat ini sudah terlindungi BPJS Kesehatan. Malah ada beberapa warga sekitar yang menggunakan Faskes di Bantaeng," urai dia melalui keterangannya di Makassar, Sabtu.

Namirah menambahkan Kabupaten Bantaeng termasuk salah satu daerah dengan cakupan BPJS kesehatan terbesar di Sulsel. Ada pula beberapa daerah lainnya yang akan ikut menerima penghargaan ini.

"Daerah-daerah yang memiliki cakupan hingga 95 persen, akan menerima penghargaan ini, termasuk beberapa daerah dari Sulsel," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng dr Andi Ihsan mengatakan, UHC Award ini menandakan konsentrasi pemerintah dalam upaya menjaga masyarakatnya agar tetap sehat.

 "Hal ini adalah bentuk perhatian pemerintah agar masyarakat Bantaeng mempunyai akses yang luas untuk kebutuhan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kita memang selama ini fokus untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kita," ujar dia.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024