Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sulawesi Selatan menyiapkan 19 perenang terbaiknya untuk menghadapi kejuaraan nasional renang di Lombok Barat, NTB, 20-22 Mei 2013.

Pengurus PRSI Sulsel Atman Amir, di Makassar, Senin, mengatakan, dari 19 perenang tersebut, sembilan atlet diantaranya merupakan perenang yang dinyatakan lolos pada seleksi sebelumnya. Sedangkan 10 perenang lainnya meski gagal lolos namun tetap bersedia tampil meski dengan konsekuensi harus menggunakan uang pribadi.

"Kita memang hanya merekomendasikan sembilan perenang sesuai hasil seleksi lalu. Namun adanya keinginan besar dari sejumlah atlet yang umumnya kategori kelompok umur sehingga kita memberikan kesempatan," jelasnya.

Pada seleksi awal April 2013, kata dia, hanya sembilan perenang yang bisa mencapai dan bahkan melampaui waktu limit nasional yang diterapkan. Sembilan perenang itu yakni Muh Alamsyah. M Alfadli, Siti Nurhaliza, Istiqamah, Nurkhaliza Harry, Andi Gumilang, Niken Yuniarti, Wanda Agustina, dan Rezkyanto.

"Muhammad Hamgari pada kejurnas ini akan tampil memperkuat tim pelatnas. Soal peluang saya kira cukup besar melihat hasil pencapaian waktunya cukup baik saat seleksi lalu," katanya.

Ketua Harian PRSI Sulsel Abdul Muin, menjelaskan bahwa Kejurnas kelompok umur di Lombok Barat, merupakan ajang seleksi setiap atlet untuk tampil di kejuaraan renang ASEAN Age Group Swimming Championship, di Brunei Darussalam, 7-9 Juni 2013.

Untuk tiket tampil di kejuaraan ASEAN, PRSI Sulsel tetap menggantungkan harapan tinggi pada dua perenang andalannya yakni Muhammad Hamgari dan Alamsyah.

Khusus Hamgari, kata dia, saat ini memang telah bergabung dalam Pelatnas Prima di Bandung, Jabar. Pengalaman selama menjalani pelatnas diharapkan dapat berdampak positif bagi peluangnya menjadi yang terbaik di kejurnas.

Atlet PON 2012 tersebut sudah memiliki pengalaman tampil diberbagai kejuaraan dunia dan berhasil meraih medali bagi Indonesia ajang Asian School Games (ASG) dan SEA Age Group Swimming Championships 2012.

Hamgari juga telah membuktikan kemampuannya dengan meraih sejumlah prestasi dengan meraih emas di babak kualifikasi PON 2011. Hamgari juga pernah dinobatkan sebagai perenang terbaik pada Kelompok Umur (KU) II Piala Menpora Seri II 2010, di Makassar, dengan merebut 9 medali emas.

Muhammad Hamgari juga merupakan salah satu atlet dari 29 nama yang telah diusulkan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) untuk tampil pada SEA Games 2013.

"Sementara Alamsyah, meskipun belum pernah memperkat Indonesia namun limit waktu yang dicapainya cukup menjanjikan. Untuk atlet lainnya meski tidak mudah namun tetap punya peluang," ujarnya.

Editor : J Suswanto

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024