Jakarta (ANTARA) - Inter Milan berhasil mengamankan satu tiket ke perempat final Liga Champions usai menahan imbang Porto 0-0 pada leg kedua babak 16 besar di Estadio do Dragao, Rabu dini hari WIB.

Meski seri, klub Italia itu lolos berkat keunggulan agregat 1-0 di leg pertama, menurut situs resmi UEFA.

Inter akhirnya kembali ke babak perempat final sejak terakhir kali melakukannya pada musim 2010-2011.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Porto langsung mengancam Inter Milan di menit ke-2. Tendangan Mateus Uribe dari luar kotak penalti masih bisa ditepis dengan gemilang oleh Andre Onana.

Porto kembali mengancam di menit ke-18. Kali ini Stephen Eustaqui yang menembak dari jarak jauh, namun Onana melompat ke kiri dan mampu menangkapnya.

Inter menekan balik pada menit ke-20 lewat serangan balik Edin Dzeko, namun tembakan kaki kirinya berhasil diblok kiper Diogo Costa. Dua menit berselang, kiper asal Portugal itu menghentikan sepakan Nicolo Barella.

Diogo Costa kembali menyelamatkan gawangnya dari kebobolan usai membelokkan tembakan jarak jauh Federico Dimarco.

Menjelang akhir babak pertama, Inter mendapat peluang untuk mencetak gol. Lautaro Martinez menggiring bola ke kanan, melewati dua pemain dan memasuki area penalti sebelum melepaskan tembakan ke sudut sempit.

Namun, Costa mampu menangkap sepakan penyerang asal Argentina itu. Babak pertama berakhir dengan spektakuler.

Di babak kedua, Porto terus berusaha mencetak gol untuk menyamakan agregat.

Kesulitan menembus pertahanan Inter, tim tuan rumah kembali mengancam melalui sepakan jarak jauh Uribe pada menit ke-47. Sayang arah bola masih terlalu tinggi dari gawang Onana.

Pelatih dari kedua tim memasukkan sejumlah pemain cadangan untuk menjaga intensitas permainan mereka.

Pergantian itu membuat Porto bermain lebih menyerang. Peluang tim tuan rumah tercipta pada menit ke-75, berawal dari lemparan bebas, bola ditendang Marko Grujic di depan gawang.

Tiga peluang terbaik Porto terjadi di masa injury time. Berawal dari umpan tarik Pepe di sisi kanan, bola ditendang Ivan Marcano di depan gawang. Namun, pemain Inter mampu membuang bola sebelum melewati garis gawang.

Sundulan Mehdi Taremi dan Grujic di depan gawang hanya membentur tiang. Pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Inter Milan menyingkirkan Porto dengan agregat 1-0.

Susunan pemain Porto
(4-3-3): Diogo Costa; Pepe Aquino, Fabio Cardoso, Ivan Marcano, Zaidu Sanusi (85' Wendell); Stephen Eustaquio (71' Andre Franco), Mateus Uribe (85' Danny Namaso Loader), Marko Grujic; Evanilson (71' Toni Martinez), Mehdi Taremi, Galeno.

Inter Milan (3-5-2): Andre Onana; Matteo Darmian (80' Milan Skriniar), Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni (74' Stefan De Vrij); Denzel Dumfries, Nicolo Barella (80' Marcelo Brozovic), Hakan Calhanoglu, Henrikh Mkhitaryan, Federico Dimarco (70' Danilo D`Ambrosio); Lautaro Martinez, Edin Dzeko (70' Romelu Lukaku).

Berita ini juga pernah tayang di Antaranews . com dengan judul: Porto Tahan Imbang 0-0, Inter Milan Amankan Tiket ke Perempat Final

Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024