Makassar (ANTARA Sulsel) - Dana Program Keluarga Harapan tahap kedua 2013, dicairkan menjelang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak.

"Dana PKH disalurkan per tiga bulan, dan ini lebih awal dibayarkan, biasanya Juni baru dibayar," kata salah seorang penerima dana PKH Hasnawati di Kantor Pos Jalan Sunu, Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, dana PKH yang dicairkan pemerintah itu diharapkan dapat membantu menghadapi kenaikan harga BBM yang akan berdampak pada kenaikan harga barang kebutuhan rumah tangga.

Menurut dia, besarnya nilai dana PKH disesuaikan dengan jumlah tanggungan anak bersekolah dalam keluarga, termasuk memenuhi kriteria lainnya.

"Misalnya dana pengobatan dan pemeriksaan kandungan bagi ibu hamil, juga ada dana tunjangan bagi balita untuk perbaikan gizi," katanya.

Sementara itu, salah seorang penerima dana PKH lainnya, Mutmainnah yang berdomisili di Jalan Muh Jufri, Makassar mengatakan, seharusnya pemerintah menaikkan dana PKH pada saat harga BBM yang baru sudah diberlakukan.

"Nilai dana PKH yang diterima saat ini masih menggunakan perhitungan lama, sebelum kenaikan BBM," katanya.

Berkaitan dengan hal tersebut, dia berharap agar pemerintah segera membuat kebijakan baru mengenai jumlah dana yang semestinya diterima para warga yang masuk kategori miskin atau berekonomi lemah.Agus Setiawan

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024