Makassar (ANTARA) - Nuansa Toraja menjadi tema utama Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM) 2023 di Nusa Dua, Bali.

“Ornamen rumah tongkonan budaya Tana Toraja ini menjadi tema utama ruang pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN. Ini suatu kehormatan dan kebanggaan bagi masyarakat Sulsel,” ujar Kepala Bank Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan Indonesia Causa Imam Karana saat dikonfirmasi di Bali, Jumat.

Ia mengatakan, menghadirkan karya budaya tertentu dalam pertemuan tingkat ASEAN ini merupakan salah satu ajang promosi wisata budaya Sulsel.

Desain interior bernuansa rumah masyarakat Tana Toraja (Tongkonan) ini, lanjutnya, terlihat seperti duplikat aslinya di Tana Toraja Sulsel.

Rumah adat Tongkonan berbentuk rumah panggung persegi panjang dengan atap menyerupai perahu menggunakan buritan.

Sedangkan bagian depan rumah adat Tongkonan asli di Toraja bertatahkan tanduk kerbau.

Oleh karena itu, lanjutnya, hal ini patut diapresiasi dengan baik mengingat pertemuan ini juga turut mempromosikan wisata budaya Toraja.

“Mudah-mudahan ini bisa mendongkrak tingkat kunjungan wisata di Toraja yang berdampak ekonomi bagi masyarakat setempat,” ujar Kepala Perwakilan BI Sulsel.

Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM) telah diselenggarakan sejak Selasa (28/3) dan resmi ditutup pada Jumat (31/3), pertemuan tersebut merupakan bagian dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan ASEAN Negara-Negara Asia (ASEAN) Indonesia 2023.    Suasana ruang rapat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Asean di Nusa Dua, Bali, Jumat (31/3/2023). Inter/HO-CIK
 

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nuansa Toraja Jadi Tema Utama Ruang Pertemuan Tingkat ASEAN

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024