Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sulawesi Selatan menyumbangkan satu atletnya yakni Muhammad Hamgari, memperkuat Indonesia di Asean Age Grop Swimming Championship di Brunei Darussalam, 7-9 Juni 2013.

Ketua Harian PRSI Sulsel Abdul Muin di Makassar, Senin, mengatakan Hamgari berhak tampilan di kejuaraan Asia Tenggara itu setelah berhasil mencapai limit waktu yang ditetapkan PB PRSI pada kejuaraan nasional renang di Lombok Barat, NTB, 20-22 Mei 2013.

"Surat pemanggilannya sudah kita terima sejak Minggu,(26/5). Terkait pemanggilannya memperkuat Indonesia, saya kira tidak terlalu mengejutkan. Apalagi Hamgari merupakan salah satu atlet yang masuk dalam Satlak Prima 2013," jelasnya.

Sedangkan Muhammad Alamzah yang merupakan peraih lima medali emas kejurnas Lombok Barat, NTB, harus mengubur impiannya memperkuat Indonesia. Meski secara mengejutan memborong lima emas, namun waktu yang diraihnya belum bisa menembus limit waktu secara nasional.

"Kita awalnya memang mengincar dua tiket Asean melalui Hamgari dan Alamzah. Namun kita tetap bangga karena salah satunya ternyata bisa lolos mewakili Indonesia. Mudah-mudahan bisa tampil lebih baik di kejuaraan nanti," katanya.

Selain Hamgari, PRSI juga memanggil 26 atlet dari berbagai daerah seperti Jatim (5 putri, 1 putra), Jabar (3 putri, 4 putra), Jateng (2 putri dan 1 putra), DKI Jakarta (tiga putra), Kaltim dan Bali masing-masing menyumbangkan satu putra.

Dewan Pakar PB PRSI itu menjelaskan, seluruh atlet akan bertolak dari Jakarta pada 5 Juni 2013. Dirinya juga dipanggil mendampingi tim Indonesia akan menyusul ke Jakarta, 4 Juni 2013.

Mengenai peluang Hamgari di kejuaraan tersebut, pihaknya cukup optimistis. Apalagi, kata dia, atlet PON 2012 tersebut sudah memiliki pengalaman tampil diberbagai kejuaraan dunia seperti mewakili Indonesia di kejuaraan sebelumnya dan berhasil meraih medali bagi Indonesia ajang Asian School Games (ASG) dan SEA Age Group Swimming Championships 2012.

Hamgari juga telah membuktikan kemampuannya dengan meraih sejumlah prestasi dengan meraih emas di babak kualifikasi PON 2011. Hamgari juga pernah dinobatkan sebagai perenang terbaik pada Kelompok Umur (KU) II Piala Menpora Seri II 2010, di Makassar dengan merebut 9 medali Emas.

Bahkan Muhammad Hamgari merupakan salah satu atlet dari 29 nama yang telah diusulkan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) untuk tampil pada SEA Games 2013.

"Soal pengalaman Hamgari tidak lagi diragukan. Kita juga berharap pengalamannya selama menjalankan pelatnas Prima makin meningkatkan kemampuannya," ujarnya. Ridwan Ch

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024