Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar festival Ramadhan di gedung Kartini Kota Makassar.

"Kegiatan ini mengusung tema ceria Ramadhan bersama andalan dengan menghadirkan beberapa kategori lomba," kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar Minggu.

Beberapa kategori lomba itu adalah lomba tahfidz, da'i cilik, adzan, foto dan memasak yang terbuka bagi masyarakat Sulsel

Menurut dia, festival Ramadhan ini yang bernuansa islami mengajak masyarakat untuk menyukseskan bulan yang penuh berkah.

Sementara mekanisme untuk seleksi kategori lomba tahfidz cilik dan asam dilakukan secara daring untuk mencari 10 besar.

Mereka yang terjaring dalam 10 besar itu, berkesempatan untuk datang langsung ke lokasi pelaksanaan Ramadhan cerah Andalan.

Masyarakat yang berpartisipasi akan mendapatkan hadiah menarik dengan total puluhan juta rupiah.

Sementara itu kegiatan serupa digelar direktorat kemahasiswaan dan penyiapan karir Universitas Hasanuddin Unhas yang menggelar Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM).

Kegiatan tersebut akan digelar di gedung rektorat Unhas, Makassar selama 3 hari yakni 10 hingga 12 April 2023.

Menurut Direktur kemahasiswaan dan penyiapan karir Unhas, Abdullah Sanusi MBA, Ph mengatakan, pelaksanaan mtqm 2023 ini menarik karena berbeda dibanding biasanya.

"Pada lomba mtqm 2023 ini selain lomba Tilawatil Quran juga mempertandingkan lomba ceramah bahasa daerah, khususnya bahasa daerah Bugis dan Makassar," kata Sudirman.

Lomba ceramah bahasa daerah ini sekaligus untuk melestarikan budaya dengan mengangkat bahasa lokal.

Pewarta : Suriani Mappong1 ada 199090o
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024