Makassar, Sulsel (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Sulawesi Selatan melaksanakan sosialisasi peluang kerja ke luar negeri dan perlindungan menyeluruh di Kabupaten Takalar, Sulsel.

Aliyah melalui keterangannya di Makassar, Sulsel, Minggu, mendorong masyarakat untuk cermat mencari Informasi peluang kerja luar negeri secara resmi.

"Warga masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri dan masih bingung mau bagaimana, silakan datang ke Kantor UPT BP2MI Sulsel dan akan dilayani dengan baik di sana," ujarnya.

Menurut dia, BP2MI sebagai institusi publik, wajib menginformasikan peluang kerja dan di sisi lain, masyarakat juga berhak untuk mendapatkan pelayanan seluas-luasnya.

"Jangan takut dan malu bertanya, pemerintah hadir di tengah masyarakat," lanjutnya.

Kegiatan sosialisasi, yang dihadiri sekitar 100 peserta dari berbagai lapisan masyarakat Takalar dan sekitarnya itu digelar di Desa Timbuseng, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar.

Sementara itu, Kepala UPT BP2MI Wilayah Sulsel Suratmi Hamida yang juga hadir sebagai narasumber menyampaikan tentang tugas dan tanggung jawab BP2MI yang dimandatkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Suratmi juga menerangkan peluang kerja di luar negeri dengan beberapa skema penempatan.

"BP2MI diberi kewenangan untuk melindungi pekerja migran Indonesia yang meliputi tiga hal pokok yakni perlindungan hukum, ekonomi, dan sosial," kata dia.

Mandat perlindungan ini berlaku bagi seluruh pekerja migran Indonesia (PMI) tanpa membeda-bedakan PMI yang berangkat secara prosedural maupun nonprosedural. Tujuannya, jelas untuk menyejahterakan pekerja migran Indonesia.

Suratmi menambahkan UPT BP2MI Wilayah Sulsel terbuka lebar bagi masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai penempatan dan perlindungan serta peluang bekerja ke luar negeri.

"Sesuai dengan perkembangan zaman, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi dan layanan kami, juga bisa mengakses situs resmi serta berbagai platform media sosial yang ada," ujarnya.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anggota DPR RI sosialisasikan peluang kerja ke luar negeri di Takalar

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024