Makassar (ANTARA) - Direktur Umum Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Makassar, Muhajir melakukan peninjauan ke sejumlah pasar tradisional menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023.

"Peninjauan ini untuk memonitor sekaligus mengevaluasi langsung kinerja para staf di unit pasar," kata Muhajir di sela peninjauannya di Pasar Pannampu, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Sedikitnya ada tiga pasar yang dikunjungi bersama tim pemantau dan monitoring yang telah dibentuk sejak pekan lalu. Pasar yang ditinjau adalah Pasar Pabaeng-baeng Barat dan Timur serta Pasar Pannampu.

Rencananya peninjauan ini juga akan dilanjutkan pada Rabu malam di Pasar Kalimbu.

"Kami hanya ingin memastikan bahwa petugas (staf) yang ada di unit pasar sudah menjalankan perintah atau melaksanakan tugasnya dengan baik. Sekaligus untuk memantau kondisi pasar menjelang liburan lebaran," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Muhajir juga berpesan kepada seluruh pedagang untuk memperhatikan kembali los atau lapak-lapak mereka sebelum melaksanakan mudik lebaran. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami menghimbau para pedagang agar mereka memeriksa los atau lapaknya sebelum ditinggal mudik. Misalnya sudah terkunci dengan baik, lihat kondisi listriknya sudah aman atau belum," jelasnya

Selain itu, para petugas pasar yang berjaga selama liburan nanti diminta senantiasa menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Termasuk pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok sesuai arahan Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Makassar.

Dia mengatakan, pihaknya juga mengawal program Pasar Murah atau Operasi Pasar yang dijalankan instansi terkait di sejumlah pasar saat Ramadhan 1444 Hijriah. Kegiatan itu sebagai salah satu upaya menekan terjadinya inflasi di lapangan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dirum Perumda Pasar Makassar tinjau pasar menjelang Lebaran 2023

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024