Makassar (ANTARA) - Aktivitas pada hari pertama sekolah di Kota Makassar dan daerah sekitarnya usai libur Lebaran, siswa masih belajar paruh waktu.

"Hari pertama sekolah setelah libur hari raya Idul Fitri, kami masih aksi bersih-bersih baru belajar. Itupun belum belajar full, jadi lebih cepat pulang," kata salah seorang siswa SD Cambayya, Nurlia di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, meskipun awal sekolah tetap hadir karena absensi tetap diberlakukan oleh guru kelas.

Hal senada dikemukakan oleh siswa SMP Negeri 12 Makassar, Muh Basri.

Menurut dia, kalau biasanya dalam aktivitas belajar terdapat empat hingga lima mata pelajaran khusus awal sekolah hanya tiga pelajaran saja lalu pulang lebih awal dari biasanya.

"Jadi kalau biasanya pulang pukul 16.00 WITA, karena sekolah full day, hari ini pukul 13.00 WITA sudah pulang ke rumah," katanya.

Hal itu dibenarkan guru sekolah di SMP Negeri 12 Makassar, Hasmah.

Dia mengatakan, untuk hari pertama sekolah belum full time, karena aksi bersih-bersih peralatan dan perlengkapan sekolah.

"Insya Allah, besok sudah bisa normal belajarnya," katanya.

Kondisi serupa juga diakui siswa SD Lokkasaile, Kabupaten Pangkep, Syamsiah.

Menurut dia, hari pertama sekolah belum terlalu aktif belajar, karena belum semua siswa hadir, begitu pula guru sekolah masih ada yang cuti.

"Tapi besok sudah mulai full belajar kata Bu Guru," katanya.
  Ilustrasi suasana aktivitas sekolah pada hari pertama pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Antara/Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024