Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Pendidikan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan fokus memperkuat sistem pengawasan jelang Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2023 yang dimulai pada 8 Mei mendatang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM (K) dalam sambutannya pada sosialisasi supervisi mengatakan Unhas tengah mempersiapkan segala kebutuhan UTBK SNBT 2023, melalui hasil evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya .

Pihaknya berharap para pengawas yang bertugas dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai aturan dalam mengantisipasi terjadinya berbagai kecurangan yang mungkin terjadi.

“Hari ini merupakan kesempatan bagi kita bersama untuk memantapkan kesiapan dan kelengkapan fasilitas yang akan digunakan peserta agar Unhas dapat menyediakan ruang ujian yang aman dan nyaman, sehingga proses SNBT UTBK di Unhas dapat berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Lebih lanjut Prof Ruslin menyampaikan bahwa total peserta UTBK di Kampus Unhas akan diikuti oleh total 20.687 peserta tes, dengan sebaran lokasi tes terbagi antara Kampus Unhas Tamalanrea dan Kampus Unhas Gowa.

Sebanyak 16 lokasi/pos, yaitu 6 lokasi/pos di Kampus Gowa, dan 10 lokasi/pos di Kampus Tamalanrea, menggunakan total 40 ruang ujian dengan fasilitas komputer.

Pelaksanaan SNBT UTBK dibagi menjadi dua gelombang, yaitu gelombang 1 pada 8-14 Mei 2023 dan Gelombang 2 pada 22-28 Mei 2023.

Dalam arahannya, Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc., menyampaikan materi persiapan pelaksanaan UTBK SNBT sebagai wujud komitmen Unhas dalam mengantisipasi terjadinya berbagai macam kecurangan dengan memperkuat pengawasan di dalam dan di luar ruang ujian.

Diharapkan pelaksanaan tes dapat berjalan lancar, dan seluruh elemen yang terlibat dapat berkomitmen untuk menciptakan proses tes yang aman dan ketat di bawah pengawasannya.*


  Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa memberikan arahan sosialisasi pengawasan jelang UTBK-SNBT di Makassar, Rabu (3/5/2023). ANTARA/HO-Unhas
 

Berita ini juga tayang di Antaranews.com dengan judul: Unhas Fokus Perkuat Sistem Pengawasan Jelang UTBK-SNBT

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024