Makassar (ANTARA) - Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi mengatakan, ada sekitar 67 ribu calon jamaah haji yang telah mencapai usia lanjut dan siap berangkat menunaikan ibadah haji.

“Tahun ini kuota haji 221.000 orang dan 67 ribu di antaranya JCH Lansia,” ujarnya di Bantaeng, Kamis.

Ashabul Kahfi menjelaskan, 67 ribu lansia calon jemaah haji sudah masuk daftar tunggu sejak lama.

Dikatakannya, animo masyarakat Indonesia khususnya umat Islam untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi karena merupakan salah satu dari lima rukun Islam.

“Antusiasme umat Islam di Indonesia untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi sehingga mengakibatkan antrian panjang atau daftar tunggu yang panjang, karena kuota yang diberikan Arab Saudi setiap tahunnya dibatasi,” ujarnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengaku, pihaknya di DPR bersama pemerintah di Kementerian Agama terus melakukan lobi agar Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji setiap tahun.

Disebutkannya, dari 221.000 kuota haji secara nasional, ada lebih dari 67.000 lansia yang akan berangkat haji, terdiri dari lansia mandiri dan non mandiri, sehingga disinilah fungsi petugas haji baik kloter maupun non kloter. dilakukan.

Selain itu, para pengurus haji dan jamaah harus menjaga kebersamaan, saling tolong menolong, saling menjaga dan peduli satu sama lain, khususnya tagline haji tahun ini yaitu Haji Ramah Lansia.

Ketua Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Selo Selatan H. Ikbal Ismail dengan gamblang memaparkan proses dan teknis penyelenggaraan Haji 2023 di hadapan seluruh Masyarakat Calon Haji Bantaeng.

Secara teknis dimulai dari persiapan jemaah haji masih di tanah air, masuk asrama haji, berangkat ke tanah suci, proses menunaikan ibadah haji hingga kemudian kembali ke tanah air.

“Di sinilah pentingnya manasik, maka ikuti dan patuhi dengan sempurna manasik haji utama dari Kementerian dan Tim Kesehatan, dan ikuti setiap instruksi dari staf, Insya Allah kita semua aman, sukses dan lancar dalam pelaksanaan ini. rukun Islam yang kelima,” katanya.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul :Ketua Komisi VIII DPR RI mengatakan 67 ribu lansia siap berangkat haji

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024