Jakarta (ANTARA) - Timnas U-22 Indonesia memukul Myanmar dengan kemenangan besar 5-0 pada pertandingan kedua Grup A SEA Games 2023 yang dimainkan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamis.

Gol kemenangan Garuda Muda dicetak oleh Marselino Ferdinand pada menit ke-20, dan melalui tendangan penalti Ramadhan Sananta pada menit ke-31. Kemudian Ramadhan mencetak gol keduanya pada pertandingan ini pada menit ke-60, dan Fajar Fathur Rahman serta Titan Agung melengkapi kemenangan Indonesia melalui golnya pada menit ke-74 dan 87. Dengan kemenangan tersebut, Indonesia kembali ke puncak klasemen sementara Grup A. dengan

koleksi enam poin. Sedangkan Myanmar tetap berada di posisi ketiga dengan koleksi tiga poin.

Indonesia menguasai permainan sejak awal. Ancaman pertama diberikan Ramadhan melalui sundulan yang kurang tajam dan masih bisa ditangkap kiper Myanmar Pyae Phyo Thu.

Tapi Myanmar bukan tanpa peluang. Mereka berhasil mengancam di menit kedelapan, saat Oakkar Naing mendapat umpan terobosan di area pertahanan Indonesia, dan melepaskan tembakan yang masih bisa ditepis kiper Ernando Ari.

Dua peluang berikutnya kembali menjadi milik anak asuh pelatih Indra Sjafri. Tendangan bebas sundulan Rizky Ridho mampu dihentikan kiper Myanmar, bola pantul yang kembali direbut Rizky juga masih bisa ditangkap kiper. Tak lama kemudian, Fajar Fathur Rahman melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang masih mampu diredam kiper Puae Phyo Thu.

Indonesia baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-20. Marcelino yang menerima bola muntah kemudian melepaskan sepakan akurat dari luar kotak penalti, bersarang ke gawang Myanmar. 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Fajar Fathur Rahman kembali mengejutkan benteng Myanmar dengan tendangannya yang tiba-tiba. Namun, pada menit ke-30, Indonesia mendapat hadiah penalti setelah Marcelino dilanggar di kotak penalti. Eksekusi penalti dieksekusi dengan sempurna oleh Ramadhan, untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Di sisa babak pertama, Indonesia terus menyerang, termasuk tendangan jarak jauh Ramadhan yang melambung di atas gawang Myanmar. Namun, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga peluit babak pertama dibunyikan.

Myanmar tampil lebih baik di awal babak kedua, mereka beberapa kali berhasil merepotkan pertahanan Indonesia. Salah satu peluang bagus dimiliki Aung Myo Khant saat tembakannya melebar.

Namun setelah itu, Indonesia mampu meningkatkan keunggulannya. Ramadhan yang menerima bola di sisi kanan pertahanan Myanmar, meliuk-liuk mengecoh bek dan kiper lawan, sebelum melepaskan sepakan sambil membalikkan badan yang berujung gol ketiga Indonesia.

Kiper Ernando Ari terpaksa memblok sepakan pemain Myanmar pada menit ke-62. Tak lama berselang, Indonesia mendapatkan gol keempatnya, kali ini lewat sepakan Fajar dari luar kotak penalti yang membentur pojok kanan bawah gawang Myanmar.

Meski sempat unggul empat gol, Indonesia tak mengendurkan tekanan. Beberapa pemain pengganti seperti Beckham Putra dan Titan memiliki peluang bagus untuk memperbesar keunggulan tim Garuda Muda, namun gol kelima belum juga didapat karena ketidakmampuan mereka menuntaskan peluang tersebut.

Gol penutup baru tercipta jelang akhir pertandingan. The Titan yang lolos dari jebakan offside kali ini mampu menguasai bola dengan tenang, sebelum melepaskan sepakan yang bersarang di gawang Myanmar.

Daftar pemain:

Indonesia: Ernando Ari, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Bagas Kaffa, Taufany Muslihuddin, Alfreanda Dewangga, Marselino Ferdinan, Fajar Fathur Rahman, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman

Myanmar: Pyae Phyo Thu, Zaw Win Thein, Thet Hein Soe, Yan Kyaw Soe, Ye Yint Phyo, Oakkar Naing, Hin Htet Aung, Shin Thant Aung, Htoo Myat Khant, Naung Naung Soe, Swan Htet.

Berita ini juga ditayangkan di Antaranews . com dengan judul: Indonesia hantam Myanmar dengan kemenangan telak 5-0

Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024