Mamuju (ANTARA) - Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) meminta agar seluruh madrasah di wilayahnya mengembangkan pendidikan robotika.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Sulbar, Syafruddin Baderung di Mamuju, Minggu (7/5) mengatakan, Program pendidikan robotika di Madrasah merupakan salah satu program unggulan dan prioritas yang dicanangkan oleh Kementerian Republik Indonesia (RI).

Dikatakannya, madrasah diharapkan dapat memajukan pendidikan dengan menguasai teknologi dan mengikuti perkembangan zaman.

Menurutnya, seluruh Madrasah di Sulbar juga diminta mengembangkan program pendidikan robotika untuk mendukung program Kemendikbud RI.

“Madrasah Tsanawiah (MTSN) Negeri 1 Kabupaten Polewali Mandar (Polman) sudah mulai menggarap pendidikan konstruksi robotika dan akan rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu,” ujarnya.

Dikatakannya, pembangunan robotika ini menjadi bukti bahwa Madrasah tidak hanya mengajarkan ilmu agama tapi juga teknologi.

Beliau juga berharap Madrasah dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam bidang teknologi

Robotika Pembangun Tingkat Koordinator MTSN Negeri 1 Polman Alimuddin, program pembinaan pendidikan robotika di Polman bertujuan untuk lebih mengenal dan menguasai teknologi robotika.

“Mahasiswa diharapkan mampu membuat berbagai inovasi kreatif dengan memanfaatkan kemampuan teknologi yang dikuasainya, sehingga mahasiswa mampu mengikuti berbagai lomba atau olimpiade robotika dan mengharumkan nama Sulbar,” ujarnya.


 

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024