Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI untuk ketujuh kalinya secara berturut-turut sejak 2016 hingga 2022.

Bupati Sidrap Dollah Mando di Makassar, Sabtu, menerima penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2022 yang diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Sulsel Amin Adab Bangun, disaksikan Ketua DPRD Sidrap Ruslan.

"Alhamdulillah, tahun ini kita kembali mempertahankan opini WTP dari BPK. Tentunya ini hasil kerja keras dan dukungan seluruh pihak,” ujarnya.

Dollah Mando menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Sidrap, serta mengapresiasi kepada berbagai pihak lain yang turut berkontribusi atas pencapaian itu.

Dia mengatakan opini Wajar Tanpa Pengecualian atau unqualified opinion menyatakan laporan keuangan entitas yang diperiksa dan menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material.

WTP juga menyajikan posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

"Opini audit tertinggi dari BPK ini didapat Kabupaten Sidenreng Rappang sejak Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2016 lalu, atau tujuh tahun secara berturut-turut," katanya.

Ia pun menuturkan bahwa opini WTP menjadi motivasi agar pengelolaan keuangan makin baik. Semoga ke depan opini WTP dapat terus dipertahankan.

Dollah juga berharap agar penghargaan yang baru diraih menjadi motivasi bagi seluruh perangkat daerah untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

"Terima kasih kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan atas penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten Sidrap. Mari jadikan penghargaan ini sebagai pemacu semangat untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat serta mempertahankan capaian opini WTP yang telah diraih sebelumnya," ucap dia.

Hadir saat penyerahan, Inspektur Kabupaten Sidrap, Rohady Ramadhan, Sekretaris DPRD, Andi Faisal Burhanuddin, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Andi Rahmat, dan Sekretaris BKAD, Sahabuddin.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024