Makassar (ANTARA) - Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulawesi Selatan akan menurunkan tiga atlet untuk mengikuti kejurnas Pra-PON marathon di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, 21 Mei.

Sekretaris Umum PASI Sulsel Ilham Munir di Makassar, Selasa, mengatakan ketiga atlet yang akan mewakili Sulsel adalah atlet terbaik yang terpilih melalui seleksi terbuka pekan lalu.

"Dari hasil seleksi dan rapat tim Pra-PON maka diputuskan tiga atlet dan satu pelatih. Ketiga atlet tersebut adalah Pratu Laode Safruddin, Pratu Hamka, dan Fisnawati. Mereka akan didampingi Serka Jufri sebagai pelatih," ujarnya.

Ia optimistis, ketiga atlet tersebut memiliki potensi bersaing dalam perebutan tiket PON 2024 melihat catatan waktu yang diraih saat seleksi lalu.

PASI Sulsel juga meminta seluruh atlet memaksimalkan waktu yang tersisa untuk terus memperbaiki catatan waktu demi menjaga peluang lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Sumatera Utara-Aceh.

Ia memperkirakan, persaingan dalam kejurnas akan berlangsung ketat karena setiap daerah akan menurunkan para atlet terbaiknya demi meraih hasil maksimal.

Bahkan dari informasi pihak penyelenggara, lanjut dia, akan ada lebih dari 20 pelari nasional yang siap bersaing menjadi yang terbaik pada ajang yang baru pertama dalam sejarah digelar di luar Pulau Jawa dan Bali tersebut.

Sebelumnya, Pelatih Atletik Sulsel Abdul Kadir mengatakan seleksi atlet marathon dilakukan dengan menempuh jarak 30 km.

“Untuk kejuaraan nasional marathon akan menempuh jarak 42 km. Makanya pada saat seleksi, kami juga menggunakan jarak jauh untuk melihat kemampuan dan kecepatan para atlet,” jelasnya.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024