Makassar (ANTARA Sulsel) - 3-Sisi Entertainment bekerja sama Pemerintah Kota Makassar serta Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) Makassar menggelar Lomba Anugerah Foto se Indonesia bertajuk "Ramadhan Penuh Berkah" yang akan diselenggarakan mulai 1 Ramadhan hingga 30 Ramadhan 1434 H.

"Lomba foto Ramadhan ini akan mulai kami laksanakan pada 1 hingga 30 Ramadhan 1434 Hijriyah. Lomba foto ini kami selenggarakan atas inisiatif dari kami bersama di 3 sisi entertainment dengan menggandeng GFJA Makassar serta Pemkot Makassar," kata Chief Eksekutif Officer 3 Sisi Entertaimen Amirul Ilham Arief Sirajuddin di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, inisiatif lomba foto yang digelar khusus di bulan Ramadhan bisa jadi yang pertama karena aktivitas positif masyarakat yang didominasi oleh umat muslim ini menjadi hal baru.

Beberapa aktivitas yang banyak dilakukan oleh masyarakat mulai dari ibadah puasa, taraweh, hingga penyajian berbagai menu masakan takjil khas Bulan Ramadhan bisa langsung diabadikan.

"Akan banyak aktivitas dilakukan umat islam dalam menjalani bulan ramadhan dalam kurun waktu sebulan ini. Mulai ibadah puasa, taraweh, hingga penyajian berbagai menu masakan takjil khas Bulan Ramadhan. Untuk merekam moment itu, maka kami penyelenggara mengadakan Anugerah Foto Ramadhan Penuh Berkah," ujar putra sulung Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin itu.

Menurutnya, kegiatan ini akan bersifat positif dan tentu menjadi sebuah inspirasi baru dalam dunia fotography di Indonesia selama menjalani bulan Ramadhan sebulan penuh.

Selain itu kegiatan ini bertujuan memberikan manfaat bagi keseragaaman beribadah khususnya kaum muslimin serta toleransi beragama di Indonesia dan bagaimana sebuah foto itu berbicara tentang banyak hal yang tidak bisa disebutkan dengan seribu kata-kata.

Ketua Panitia Lomba, Darwin Fatir menambahkan, pihaknya membuka pendaftaran mulai awal masuknya ramadahan yakni 1 Ramadhan dan berakhir 30 ramadhan pukul 24.00 WITA.

"Kami masih menerima photo saat takbiran dan tidak menerima lagi photo setelah takbiran atau saat waktu yang telah ditentukan pukul 24.00 WITA," katanya.

Darwin juga mengaku jika dalam pelaksanaan lomba foto ini akan membagikan banyak hadiah, baik berupa uang tunai dengan total Rp145 juta maupun kamera photo tipe Canon EOS 60d with lens 18-55 is.

Beberapa persyaratan lomba terbuka dibagi dalam tiga kategori yakni, Best Of the Best, Jurnalis serta Mahasiswa dan Pelajar. Pembagian hadiah untuk tiap kategori diakuinya berbeda-beda sesuai dengan kualitasnya.

Selain itu, penjurian akan dilakukan langsung oleh lima orang dewan juri baik tingkat internasional, nasional dan lokal. Untuk juri nasional yakni Oscar Motuloh (Direktur Galery Foto Jurnalistik Antara, Jakarta), Kemal Jufri (Jurnlias Foto Reuters), Makhfudz (Chief Editor Majalah LionMag).

"Untuk mengetahui hal-hal teknis lainnya bisa langsung ke Sekretariat Galeri Foto Jurnalistik Antara Makassar di Jalan AP Pettarani Blok A-30 atau kantor AntaraSulsel.Com, Humas Pemerintah Kota Makassar, 3 Sisi Entertainment serta tempat-tempat lainnya yang akan kita bagikan selebarannya," jelas Darwin. M Taufik

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024