Mamuju (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berupaya memantapkan kompetensi dasar pengawas pemilu, dengan cara berkunjung ke Pusat Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Puslitbangdiklat) Bawaslu RI di Jakarta guna memperoleh banyak manfaat.

Anggota Bawaslu Sulbar, Usman Sanjaya di Mamuju, Kamis, mengatakan kunjungan ke Puslitbangdiklat Bawaslu RI itu bertujuan menghimpun berbagai hal untuk kepentingan penyusunan bahan pembelajaran dalam upaya memantapkan kompetensi dasar khusus serta tematik bagi pengawas pemilu.

"Dari kegiatan itu maka kompetensi dasar Khusus serta tematik harus dimiliki pengawas pemilu termasuk pengawas pemilu di Sulbar," katanya.

Ia menyampaikan bahwa sejumlah kompetensi dasar yang harus dimiliki pengawas pemilu di Sulbar yakni memiliki sikap komunikatif, inovasi, dan mampu kerja sama.

Selain itu, pengawas pemilu juga dituntut untuk memiliki kompetensi khusus yang meliputi keterampilan, pengetahuan, dan perilaku.

"Pengawas pemilu juga mesti memiliki kompetensi tematik yakni terkait dengan kemampuan pengawas pemilu sehingga dapat memahami tugas dan fungsi pada setiap tahapan pemilu," ujarnya.

Ia berharap Bawaslu RI juga dapat memberikan pelatihan bagi unsur kesekretariatan Bawaslu Sulbar dalam memahami kompetensi tersebut, khususnya terhadap pemberian dukungan teknis dan operasional bagi Bawaslu Sulbar dalam melaksanakan tugas pengawasannya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024