Mamuju (ANTARA) - Personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) Kodim 1402/Polewali Mandar, Sulawesi Barat memberikan layanan kesehatan gratis kepada warga Desa Ongko.

Komandan Satgas TMMD Kodim 1402/Polewali Mandar Letkol Czi Masni Etha Yanurianedhi di Mamuju, Sabtu, mengatakan pada pelaksanaan TMMD ke-116 tersebut pihaknya juga menerjunkan tim kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Desa Ongko, Kecamatan Campalagian.

"Pada program TMMD ini, kami juga menerjunkan tim kesehatan untuk anggota satgas TMMD dan warga desa setempat," kata dia.

Tim kesehatan pada pelaksanaan TMMD, katanya, memiliki kewajiban mendukung pelayanan kesehatan tingkat pertama bagi personel satgas guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan TMMD.

Selain melaksanakan tugas pokoknya, katanya, sebagai tim kesehatan juga memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik dilakukan di posko kesehatan TMMD maupun mendatangi langsung ke rumah warga yang sakit.

"Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan yang dilakukan tersebut atas dasar kepedulian terhadap sesama dan rasa kekeluargaan yang terjalin antara personel Satgas TMMD dengan masyarakat di Desa Ongko ini," katanya.

Ia berharap, melalui pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis tersebut tingkat kesehatan masyarakat di lokasi TMMD dan sekitarnya ikut terbangun.

"Hadirnya TMMD tidak hanya pembangunan di bidang fisik saja, tapi kesehatan masyarakat pun turut jadi sasaran," kata Masni Etha Yanurianedhi yang juga Dandim 1402/Polewali Mandar.

Mama Amran, salah seorang warga Desa Ongko yang ikut memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis itu, mengaku terbantu dengan adanya pelayanan kesehatan dari TNI tersebut.

"Kami senang dengan hadirnya TMMD di desa kami sebab selain membangun jalan dan jembatan juga memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat," ujar dia.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024