Makassar (ANTARA) - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Unhas gelar konsolidasi peran perguruan tinggi dalam percepatan pencapaian target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc. saat membuka kegiatan konsolidasi di Makassar, Senin, mengatakan pentingnya menginternalisasi target-target SDGs ke dalam Tridarma Perguruan Tinggi yaitu penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat.

Unhas telah membentuk SDGs Center sebagai wadah untuk mempercepat pelaksanaan SDGs. Unhas memainkan peran penting dengan memasukkan isu SDGs ke dalam berbagai penelitian baik pada pembangunan sosial, pembangunan ekonomi, pembangunan lingkungan dan pembangunan hukum dan tata kelola.

"Demikian tentu bukan hal yang mudah untuk mempercepat capaian target tersebut, sehingga dibutuhkan kerjasama berbagai pihak, dan Unhas sebagai institusi pendidikan memiliki kapasitas dan peluang yang besar dengan dengan mencakup semua bidang keilmuan yang dimiliki, sesuai dengan tujuan Poin SDGs,” jelas Prof. JJ.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SDGs Center Unhas Dr Muhammad Yusri Zamhuri MA, menyampaikan peran SDGs Center Unhas setelah diresmikan tidak hanya sebagai pendukung pembangunan berkelanjutan nasional dan daerah, tetapi berperan dalam meningkatkan rangking universitas melalui pencapaian target program SDGs.

Dalam perkembangannya sejak tahun 2019, SDGs Center Unhas menjadi yang terdepan dalam mendorong pembangunan berkelanjutan di Indonesia dengan memulai perjalanan transformatif untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat dan lingkungan.

Melalui penelitian yang ketat, program inovatif, dan keterlibatan masyarakat yang aktif, dengan mengambil pendekatan multidisiplin untuk mengatasi masalah yang kompleks.

Kegiatan konsolidasi yang digelar di Unhas Makassar, Senin, menghadirkanmRachman Kurniawan (Seknas SDGs Kementerian PPN/Bappenas) tentang Localizing SDGs dan peran perguruan tinggi dalam pelaksanaan SDGs di Indonesia, Prof Dr Ir Winarni Monoarfa, MS (Staf Ahli Menteri KLHK Bidang Energi) dengan paparan praktek terbaik sektor kehutanan dalam percepatan pencapaian SDGs,

Hadir juga  Dr Rachman Kurniawan (Seknas SDGs Kementerian PPN/Bappenas) dengan paparan pedoman pengembangan SDGs Center.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bappenas-KLHK-Unhas konsolidasi percepat pencapaian SDGs

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024