Makassar (ANTARA) - Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar dan Perumda Pasar Makassar menargetkan revitalisasi Pasar Sawah tahap kedua selesai pada akhir tahun 2023. Kepala Dinas Perdagangan Kota

Makassar Arlin Ariesta di Makassar, Rabu, mengatakan proyek revitalisasi pasar tahap kedua ditargetkan selesai enam bulan ke depan.

“Jadi proyeknya dari Juni sampai Desember 2023. Jadi, kami berharap Pasar Sawah yang direvitalisasi ini bisa segera berfungsi dengan baik sesuai target waktu,” ujarnya.

Arlin Ariesta mengatakan, revitalisasi Pasar Sawah akan selesai pada awal Juni 2023, apalagi saat ini waktu pembongkaran sebelum rampung seluruhnya sudah diserahkan ke Pengelola Pasar Makassar.

“Jadi untuk pembongkaran Mei sampai Juni ini, kami serahkan ke Perumda Pasar. Selaku penanggung jawab daerah. Termasuk penyediaan lokasi bagi pedagang yang akan direlokasi sementara,” jelasnya.

Dalam pengembangan tahap kedua ini, proyek Kementerian Perdagangan (Kemendag) ditangani oleh PT Sinar Talent.

Direktur Teknik Pasar Makassar Syamsul Tanca menambahkan, revitalisasi tahap kedua sudah dimulai sejak kemarin. Dan sejumlah kios telah dibongkar.

“Alhamdulillah, sejak kemarin sudah dilakukan pembongkaran untuk pelaksanaan pembangunan tahap kedua. Dan sejumlah pedagang sudah kita siapkan untuk relokasi. Meski ada sedikit kendala karena lokasi yang sangat terbatas,” jelasnya.

Selain disebut-sebut sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Panitia Pasar Makassar tentunya harus mengawal proyek tersebut hingga selesai.

“Tentunya proyek ini harus kita kendalikan dengan baik. Karena keberhasilan proyek ini adalah keberhasilan kita juga. Dan tentunya kembali untuk kenyamanan para pedagang kita,” ujarnya.

Sebelumnya proyek awal juga ditangani oleh CV. Sinar Mata Allo dengan pagu anggaran Rp2,4 miliar. Pada revitalisasi tahap kedua, pagu anggarannya Rp 12 miliar.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024