Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia Sulawesi Selatan berharap ada tambahan kuota atlet dari Dispora Sulsel menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional Jakarta, September 2013.

Sekretaris Umum PRSI Sulsel Aksa Amir di Makassar, Selasa, mengatakan kuota yang diberikan pihak Dispora Sulsel yang hanya empat atlet dinilai tidak maksimal.

Minimnya atlet dinilai akan membuat peluang Sulsel merebut medali akan lebih sulit.

"Pada Popnas 2011 kita hanya mendapatkan kuota empat atlet. Mudah-mudahan pada 2013 ini bisa lebih banyak demi menjaga peluang. Apalagi kita juga memiliki cukup banyak atlet yang memiliki potensi dan berpengalaman," jelasnya.

Untuk menghadapi Popnas 2013, Pengprov PRSI Sulsel sudah menjadwalkan menggelar seleksi setelah hari raya Idul Fitri. Seleksi tersebut akan diikuti puluhan perenang terbaik dari berbagai klub dan pencab PRSI se Sulsel.

Pihaknya juga memastikan hanya memilih atlet yang paling berpeluang merebut medali. PRSI Sulsel juga tetap berharap pada dua nama yakni Muhammad Hamgari dan Almsyah yang merupakan pemegang lima medali Kejuaraan Nasional Renang di kolam renang Dewi Anjani, Sonokeling, Lingsar, Lombok Barat, 20-22 Mei 2013.

"Kita akan tetap menyeleksi keduanya untuk melihat pencapaian waktunya. Artinya setiap atlet masih memiliki peluang yang sama untuk memperkuat Sulsel di Popnas 2013," katanya.

Ketua Harian PRSI Sulsel Abdul Muin, menyatakan untuk prestasi terbaik Sulsel di ajang olahraga dua tahunan tersebut, diraih pada Popnas 2005.

Tim Sulsel ketika itu berhasil merebut tiga medali emas, empat perak dan satu perunggu. Keberhasilan itu tak lepas dari keberadaan perenang putri Sulsel yakni Jessica P Laurens. Jessica yang sudah pensiun sebagai atlet itu bahkan sempat dipanggil memperkuat Indonesia di berbagai kejuaraan KU ASEAN 2007.

Popnas Jakarta 2013 akan menggelar puluhan cabang olahraga, yaitu angkat besi, voli indoor, voli pantai, tinju, atletik, sepakbola, basket, takraw, tenis lapangan, bulutangkis dan tenis meja.

Sementara untuk Sulsel hanya akan berpartisipasi pada beberapa cabang diantaranya voli pasir, tinju, karate, pencak silat, bulutangkis, tenis lapangan, termasuk sepak bola dan sepak takraw setelah tampil sebagai juara di Popwil 2013. N Yuliastuti

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024