Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai hujan disertai petir dan angin kencang yang berpotensi melanda kota-kota besar di sembilan provinsi pada Sabtu.

Menurut situs resmi BMKG di Jakarta, sembilan provinsi tersebut adalah Aceh, Kepulauan Riau, Riau, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Maluku.

Potensi hujan disertai petir di Pulau Sumatera diperkirakan terjadi di Kota Pekanbaru, Medan dan Tanjungpinang dengan peluang hujan dengan intensitas sedang.

Kota Pangkalpinang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, Banda Aceh berawan dan Kota Palembang cerah berawan. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Kota Jambi, Bengkulu, dan Bandar Lampung.

Waspadai potensi hujan dengan intensitas lebat yang berpeluang melanda Kota Padang.

Prakiraan cuaca di Pulau Jawa umumnya cerah antara lain Kota Serang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta.

Bergeser ke Pulau Bali dan Nusa Tenggara, Kota Denpasar dan Mataram diprakirakan berawan dan Kupang cerah berawan.

Waspadai potensi hujan disertai petir pada cuaca di sekitar Pulau Kalimantan, khususnya Kota Pontianak. Hujan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Kota Palangka Raya dan Banjarmasin.

Kota Tanjung Selor dan Samarinda diperkirakan berkabut.

Pulau Sulawesi berpotensi hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di kota Mamuju dan Makassar. Sementara Kota Palu dan Gorontalo diperkirakan cerah berawan, serta Manado dan Kendari diperkirakan berawan.

Beralih ke wilayah timur Indonesia, waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang yang diperkirakan melanda Kota Ambon serta hujan intensitas ringan di Kota Manokwari, Jayapura. Sedangkan Kota Ternate diperkirakan berawan.

Berita ini juga pernah tayang di Antaranews . com dengan judul: Hujan disertai petir berpeluang melanda kota-kota besar di sembilan provinsi

Pewarta : Andi Firdaus
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024