Sorowako, (ANTARA Sulsel) – Untuk mensosialisasikan berbagai aktivitas dan operasional PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) terutama kegiatan corporate social responcibility (CSR) perusahaan, PT Vale meluncurkan Tabloid Verbeek di Sorowako pada Sabtu, 20 Juli 2013.

Tabloid Verbeek dirancang sebagai wadah komunikasi antar stakeholder di area operasi PT Vale.

Menurut Presiden Direktur PT Vale, Nico Kanter, Tabloid Verbeek merupakan jembatan untuk diseminasi informasi maupun aspirasi antara perusahaan dan para pemangku kepentingan terutama yang berada di empat wilayah pemberdayaan perusahaan di Kabupaten Luwu Timur (Kecamatan Nuha, Kecamatan Towuti, Kecamatan Wasuponda, dan Kecamatan Malili).

"Melalui Tabloid Verbeek ini, masyarakat dan pemerintah dapat mengetahui dinamika aktivitas yang melibatkan masyarakat, pemerintah daerah dan perushaan terutama yang berkaitan dengan pemberdayaan/pengembangan masyarakat, pendidikan, kebudayaan dan peristiwa dengan semangat transparansi dan akses informasi publik kepada seluruh lapisan masyarakat kita. Harapannya, kehadiran Tabloid Verbeek ini dapat menjadi salah satu media untuk memenuhi kebutuhan informasi tentang perusahaan bagi para pemangku kepentingan perusahaan," ujar Nico Kanter menyambut peluncuran Tabloid tersebut.

Tabloid yang terbit setiap dua bulan sekali ini, merupakan upaya transparansi dan pertangggungjawaban ke publik tentang apa dan bagaimana perusahaan menjalan kegiatan operasional dan CSR‐nya.
"Karena kadang sebagian warga tidak mendapat informasi yang lengkap sehingga bisa menimbulkan kesalahpahaman maupun persepsi yang keliru tentang tujuan dan target dari suatu kegiatan perusahaan atau program comdev yang akibatnya bisa mempengaruhi hubungan antara masyarakat dan perusahaan," ujar Nico Kanter.

Tabloid Verbeek mengambil slogan informasi, interaksi, dan inspirasi, diharapkan dapat menjadi titik temu antar stakeholder. Oleh karena itu, konten Verbeek diatur sedemikian rupa untuk mengakomodir berbagai bidang minat dan rentang usia pembacanya. Konten bermula dari aktivitas pengembangan masyarakat, pengembangan wawasan, profil, kuliner, sejarah, hasil karya, hingga info event dan agenda.

Selain Tabloid Verbeek, tanggal 16 Juli lalu, perusahaan juga sebelumnya telah meluncurkan pembaharuan website perusahaan (www.vale.com/indonesia) yang berisi tentang profile perusahaan, kegiatan perusahaan dalam beragam aspek, dan informasi terkait perusahaan.

Media dan masyarakat dapat memanfaatkan tabloid dan website tersebut bila membutuhkan informasi mengenai perusahaan.

Ada pun ide nama tabloid mengambil nama Verbeek mengacu pada wilayah pegunungan yang memiliki keanekaragaman hayati yang khas dan endemik, yang terletak di Luwu Timur dan sekitarnya, dan sudah terkenal di dunia.

"Pemilihan nama ini merupakan upaya kami untuk mengajak semua pihak untuk tetap dapat mengingat Verbeek ini sekaligus perlunya pemeliharaan dan pelestarian di wilayah Verbeek ini,” ujar Nico Kanter.

Acara peluncuran Tabloid Verbeek ini ditutup dengan buka bersama antara karyawan, manajemen PT Vale, dan tokoh‐tokoh masyarakat.
*Nb: Nama pegunungan ini diduga diambil dari nama seorang ahli geologi dan ilmu alam, Rogier Diederik Marius Verbeek, berkebangsaan Belanda

Pewarta : Agus Setiawan
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024