Makassar (ANTARA Sulsel) - Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, sedang membangun tiga rusun guna menampung seluruh atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV Bantaeng, September 2014.

Ketua KONI Bantaeng Ahmad Karim, di Makassar, Kamis, mengatakan dua rusun yang dibangun sudah siap digunakan. Sementara satu rusun lainnya direncanakan akan kembali dibangun pada akhir 2013.

Selain menyediakan tiga rusun atau wisma, sebagai tuan rumah Bantaeng juga menyiapkan sejumlah hotel yang mampu menampung ribuan atlet. Pihaknya juga tetap menyediakan rumah penduduk yang berlokasi disekitar tempat pertandingan.

"Untuk rusun yang kita siapkan berlantai empat, setiap lantainya memiliki 24 kamar yang bisa dihuni hingga delapan atlet. Untuk peserta lainnya kita bisa tempatkan "homestay" agar seluruh peserta merasa lebih nyaman," jelasnya.

Menurut dia, tempat penginapan atlet sengaja dibangun berdekatan dengan lapangan pertandingan. Adapun yang jaraknya cukup jauh, pihaknya akan menyediakan transportasi khusus untuk digunakan seluruh kontingen.

Selain masalah penginapan atlet, Pemkab Bantaeng juga telah menyelesaikan sejumlah sarana dan prasarana pertandingan seperti arena kolam renang, tenis lapangan, panahan, termasuk lapangan futsal yang telah dirampungkan pada Desember 2012.

Pihaknya saat ini juga fokus menyelesaikan pembangunan sport center. Pembangunan Gedung Sport Center Bantaeng memang masuk prioritas karena akan digunakan sebagai pembukaan Porda 2014. Gedung sport center ini pada Porda nanti juga akan mempertandingkan tiga cabang yakni voli, basket dan sepak takraw," ujarnya.

Selain pembangunan gedung sport center, Pemkab Bantaeng bersama KONI juga fokus merenovasi sejumlah sarana dan prasarana lain diantaranya GOR Bantaeng dan Stadion Mini Lamalaka Bantaeng.

"Kita memang fokus untuk menyelesaikan sarana olahraga agar lebih cepat sebagai komitmen Pemkab Bantaeng untuk menyukseskan agenda Popda 2014. Kita juga berharap dukungan seluruh pihak agar Porda XV ini bisa berjalan dengan sukses," katanya.

Sebagai tuan rumah Bantaeng telah menyiapkan sekitar 300 atlet terbaiknya menghadapi Porda 2014. Seluruh atlet akan bersaing pada 25 cabang olahraga yang akan dipertandingkan seperti pencak silat, karate, tenis meja, tenis lapangan, taekwondo, kempo, voli, sepak bola serta futsal.

Adapun atlet yang sudah masuk tim bayangan itu, kata dia, sebagian merupakan alumni Porda Pangkep 2010. Hadirnya beberapa atlet yang cukup berpengalaman dan sukses meraih medali di Porda 2010 diharapkan dapat menjadi motivasi atlet lainnya untuk tampil maksimal. Ridwan Ch   

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024