Mamuju (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat membagikan beasiswa untuk siswa miskin di daerahnya dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulbar, Mulyadi Bintaha di Mamuju, Selasa mengatakan, pada tahun ini 2013 ini dialokasikan bantuan untuk siswa miskin berupa beasiswa.

Ia mengatakan, beasiswa yang didanai anggaran bantuan pusat melalui APBN itu akan diberikan kepada siswa miskin tersebar di lima Kabupaten di Sulbar mulai dari sekolah SD, SMP dan SMA serta SMK.

Menurut dia, untuk siswa SD disiapkan beasiswa untuk 51640 orang siswa, dan masing masing siswa itu diberikan beasiswa sebesar Rp350 ribu, untuk memenuhi kebutuhannya selama enam bulan melaksanakan pendidikan

Ia mengatakan, untuk siswa SMP disiapkan beasiswa untuk 14.577 orang, sementara untuk siswa untuk SMA sebesar 11.443 orang dan SMK sebesar 6.866 orang.

"Untuk siswa SMP masing masing diberikan beasiswa sebesar Rp500 ribu setiap enam bulan sekali dan siswa SMA dan SMK diberikan beasiswa Rp600 ribu per tahun juga setiap enam bulan," katanya.

Menurut dia, siswa miskin yang diberikan beasiswa itu adalah mereka yang orang tuanya memiliki kartu perlindungan sosial

"Yang jelas dari kalangan masyarakat tidak mampu, diantaranya yang tidak mampu membiayai pendidikan anaknya, berdasarkan kriteria yang ditetapkan pemerintah," katanya.

Ia mengatakan, pemberian beasiswa ini dalam rangka peningkatan indeks pembangunan manusia dengan meningkatkan pelayanan pendidikan.  Nurul H

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024