Penjabat Gubernur Ajak Mahasis (ANTARA) - Pj Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Zudan Arif Fakrulloh mengajak mahasiswa di daerah ini untuk berperan dalam menumbuhkan ekonomi digital.

“Hal itu bisa diwujudkan dengan memanfaatkan peran mahasiswa melalui KKN Tematik,” kata Zudan Arif Fakrulloh, saat menjadi keynote speaker dalam seminar ekonomi nasional dan pembangunan daerah, di Kampus Universitas Muhammadiyah Mamuju (Unimaju), Kamis.

Pada seminar nasional yang mengangkat tema 'Konsep Pembangunan Ekonomi Daerah Unggul, Maju, dan Berkelanjutan' itu, turut hadir Rektor Universitas Muhammadiyah Mamuju Dr Muhammad Tahir dan sejumlah pejabat dari Pemerintah Provinsi Sulbar.

Selain mendorong ekonomi digital, mahasiswa juga kata Zudan Arif Fakrulloh, dapat menjadi motor penggerak dalam mengatasi permasalahan pembangunan yang ada di Sulbar, diantaranya masalah kemiskinan, perkawinan anak, stunting, dan tingginya angka putus sekolah.

Lebih optimal lagi, kata Pj Gubernur Sulbar, jika semua kampus berkolaborasi agar perekonomian Sulbar bisa lebih maju.

“Memajukan perekonomian di Sulbar harus dilakukan bersama-sama. Maka kerjasama seluruh kampus sangat dibutuhkan agar perekonomian Sulbar bisa lebih maju lagi,” ujarnya.

Menurutnya, untuk memajukan perekonomian daerah, penting untuk membantu masyarakat agar menerapkan digitalisasi dalam kegiatan pembangunan ekonomi.

“Teknologi informasi harus dikembangkan, masyarakat agraris kita ajak go digital, kembangkan ekonomi secara digital,” kata Zudan Arif Fakrulloh.

Apalagi, kata dia, Sulbar dipersiapkan untuk mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) sehingga menjadi peluang untuk mengembangkan sejumlah sektor, baik pariwisata maupun produk lokal dengan membangun branding.

“Ajari mereka berjualan secara digital. Setelah selesai KKN, lanjutkan dengan menjadikan mereka desa binaan,” ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pj Gubernur ajak mahasiswa di Sulbar kembangkan ekonomi digital

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024