Makassar, (ANTARA Sulsel) - Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1434 H di halaman kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, Kamis, diwarnai penggalangan infaq pembangunan gedung ruang sidang Muktamar ke-47 Muhammadiyah.

Saat masuk ke pintu kampus, jamaah shalat Idul Fitri diberikan isian kertas infaq senilai Rp25 ribu dan foto copy materi khotbah yang disampaikan sesepuh Muhammadiyah Makassar, KH Djamaluddin Amien.

Pelaksanaan shalat Id di kampus Jalan Sultan Allaudin tersebut berlangsung semarak. Ribuan jamaah memadati halaman kampus. Mobil-mobil diparkir di halaman depan dan halaman dalam kampus.

KH Djamaluddin pada khotbahnya menyampaikan materi barakah Allah SWT dalam bulan Ramadhan. Barakah tersebut adalah Al-Qur`anul-Hakim dan ibadah puasa.

"Alquran turun pada bulan Ramadhan, pada malam `Laelatul Qadar`. Pada malam itu ditentukan perjalanan sejarah baru bagi manusia dengan Alquran sebagai petunjuk-Nya," katanya.

Barakah lainnya, ujar KH Djamaluddin, adalah ibadah puasa karena dengan ibadah puasa menjadikan berakhlak mulia atau menjadi muttaqien.

"Hanya orang muttaqien yang mengamalkan Alquran, mencintai dan mengikuti rasulullah, akan mati dalam keadaan muslim dan digembirakan oleh malaikat serta mendapat ucapan selamat saat masuk surga," katanya.

Shalat Id juga dihadiri Rektor Unismuh yang juga kepala sekolah SMP Unismuh, Dr Irwan Akib MPd, juga nampak calon Wakil Walikota Makassar dari Partai Demokrat dan PBB, Samsu Rizal MI.

Usai sholat Id panitia mempersilakan jamaah bersilaturahmi di auditorium Unismuh Makassar.

Muktamar Muhammadiyah rencananya berlangsung di kampus tersebut pada 2015.

Pewarta : Agus Setiawan
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024