Makassar (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) sedang membangun Desa Hortikultura di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) dengan memberikan ribuan benih kepada pemerintah daerah agar benih dapat merata di beberapa desa.

Kepala Hortikultura Luwu Utara Djalaluddin Dalami melalui informasi yang diterima di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa, mengatakan ada 12.000 bibit jeruk dan 3.000 bibit durian yang tersebar di beberapa desa.

“Semua bibit itu diberikan Kementerian agar bisa merata di berbagai desa,” ujarnya.

Djalaluddin mengatakan, bantuan bibit juga disertai sarana dan prasarana pendukung lainnya, seperti pupuk cair dan pupuk anorganik, untuk memudahkan penerima bantuan yang tergabung dalam kelompok tani (poktan).

Direktorat Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Hortikultura, lanjutnya, memiliki target yang cukup tinggi dalam peningkatan produksi pangan dan hortikultura. Apalagi, Luwu Utara dianggap sebagai salah satu kabupaten yang paling cocok untuk pengembangan hortikultura. Karena itu Kementerian Pertanian melalui Dinas Pertanian mengembangkan lahan cabai rawit seluas 20 hektar di Desa Kanandede dan Desa Komba, Kecamatan Rongkong.

“Ini bagian dari strategi pemerintah dalam pengembangan Desa Hortikultura,” ujarnya.Untuk

itu, dia berharap bantuan Kementerian dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh kelompok tani, sehingga ketersediaan jeruk dan durian dapat terjaga. , termasuk ketersediaan komoditas strategis seperti cabai rawit.

“Kami berharap program utama Ditjen Hortikultura Kementan tahun 2023 dapat berjalan dengan baik, sehingga masyarakat sebagai penerima manfaat dari program ini benar-benar merasakan dampaknya terutama dalam meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujar Djalaluddin.

Adapun untuk pembagian 12 ribu bibit jeruk tersebar di Desa Salekoe Kecamatan Malangke (Poktan Mekar Bahari) sebanyak 4.000 bibit pohon. Kemudian Desa Takkalala Kecamatan Malangke (Poktan Warna Pelangi) mendapatkan 4.000 bibit pohon, Desa Pombakka Kecamatan Malbar (Poktan Sipatuo Sipatokkong) juga mendapatkan 4.000 bibit pohon.

Untuk areal buah durian, disalurkan 3.000 bibit pohon di Desa Tulak Tallu Kecamatan Sabbang (Poktan Karya Sehati), 1.000 bibit pohon di Desa Malimbu Kecamatan Sabbang (Bukit Coklat Poktan) dan 1.000 bibit pohon di Desa Malimbu Kecamatan Sabbang (Tampang Bua Poktan).pohon

Berita ini juga tayang di Antaranews.com dengan judul: Beri Benih, Kementan Bangun Kampung Hortikultura di Luwu Utara

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024