Makassar (ANTARA) - Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil mengumpulkan 422 kantong darah pada kegiatan donor darah dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77.

Kapolri Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso di Makassar, Selasa (20/6), mengatakan, darah yang terkumpul akan diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk selanjutnya disalurkan kepada pasien yang membutuhkan transfusi darah.

“Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari peringatan HUT Bhayangkara dan jumlah yang berhasil terkumpul sebanyak 422 kantong darah,” ujarnya.

Kapolres mengatakan, 422 kantong darah yang terkumpul diambil dari anggota yang telah lolos seleksi tim Dokter Bidang Kesehatan (Biddokkes) Polres Selo Selatan bersama Palang Merah Indonesia (PMI).

Dikatakannya, banyak anggota yang ingin mendonorkan darahnya, namun kondisi hemoglobin dan tekanan darah tidak memenuhi syarat karena banyak juga yang menyelesaikan tugasnya pada malam hari memberikan pelayanan seperti patroli dan lain-lain.

“Kalau yang ikut skrining banyak dan yang memenuhi syarat saja yang bisa mendonorkan darahnya. Seperti anggota yang sudah selesai jaga malam, patroli, dan kurang istirahat juga tidak boleh menjadi pendonor,” ujarnya. dikatakan.

Saat mendonorkan darah, Kapolres Selo Selatan Irgen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso menjadi orang pertama yang mendonorkan darahnya, disusul Wakapolres Selo Selatan Brigjen Pol CH Patoppoi dan pejabat penting lainnya serta seluruh personel Satpol PP. Polsek Selo Selatan, dan anggota Bhayangkari Polsek Selo Selatan.

Humas Polres Sulsel Kapolres Komang Suartana dalam keterangan tertulisnya mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu rangkaian dalam memeriahkan Hari Bhayangkara ke-77.

Disebutkannya, inisiatif donor darah ini juga bertujuan untuk menanamkan kepada anggota Polda Sulsel untuk dapat berkontribusi dalam hal kebutuhan suplai darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Saya berharap kegiatan donor darah dapat membantu ketersediaan darah di PMI Kota Makassar, sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” harapnya.Sementara itu, Koordinator Pelaksanaan Donor Darah Polres Selo

Selatan Dr. Asnany menjelaskan, total 422 kantong darah yang berhasil dikumpulkan, nantinya akan disumbangkan ke PMI Kota Makassar.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024