Makassar (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) memberangkatkan sebanyak 54 orang calon haji kuota cadangan asal Sidrap menuju Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Sebelum berangkat, puluhan calon haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 43 ini mengikuti acara pelepasan di Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kementerian Agama Kabupaten Sidrap.  

Plh Kepala Kantor Kemenag Sidrap Mustari Mustafa menitip pesan kepada para jamaah agar memperbanyak ibadah serta mengurangi kegiatan yang kurang penting. 

"Kita tidak halangi belanja, namun jangan mengutamakan hal itu. Perbanyaklah ibadah kepada Allah SWT, istighfar, sabar dan mendoakan seluruh keluarga agar dapat pula berangkat ke tanah suci," ujarnya.

Menurut dia, ibadah haji merupakan ibadah yang membutuhkan kondisi fisik yang prima, untuk itu sangat diperlukan istirahat yang cukup.

Puluhan calon haji yang berangkat tersebut merupakan kuota cadangan 1, 2 dan 3.

Calon haji termuda dalam rombongan jamaah tersebut berusia 17 tahun (sudah menikah) atas nama Rahma asal Kecamatan Pitu Riawa. Sedangkan jamaah tertua bernama La Cella berusia 77 tahun asal Kecamatan Watang Sidenreng.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Sidrap Muhammad Iqbal berpesan kepada para jamaah untuk mendoakan Indonesia tercinta, khususnya Sulawesi Selatan dan Kabupaten Sidenreng Rappang agar terhindar dari marabahaya serta menjadi kabupaten religius.

Tidak lupa, Iqbal mengapresiasi koordinasi antara pihak Kementerian Agama dengan Pemerintah Daerah Sidrap dalam pemberangkatan JCH mulai dari kloter 3 sampai kloter 43 ini. 

"Alhamdulillah, hasil koordinasi Kementerian Agama Sidrap di Kanwil, Sidrap mendapatkan kuota jamaah cadangan hingga 54 orang, kami sangat mengapresiasi ini," kata dia.

Para calon haji asal Sidrap ini bertolak dari Sidrap menuju Asrama Haji Makassar sekitar pukul 11.00 Wita jelang siang, dengan menggunakan dua bus. 

Perjalanan para tamu Allah Subhanahuwataala ini dikawal oleh personil dari Polres Sidrap melalui Polsek Maritengngae. Seluruh pelayanan akomodasi maupun transportasi ditanggung oleh pemerintah daerah.


Pelepasan 54 JCH dari kuota cadangan asal Sidrap menuju Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa (20/06/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkab Sidrap

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024