Semarang (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memastikan Pemerintah akan mengevaluasi keberadaan Pondok Pesantren Al-Zaytun di Indramayu, Jawa Barat, terkait dugaan penyebaran ajaran Islam yang dianggap menyimpang.

“Pesantren akan kita evaluasi secara administratif, tindakan administratifnya apa? Lihat perawatannya, lihat kurikulumnya, lihat isi ajarannya, sehingga hak belajar santri dan santri tetap berjalan," kata Mahfud. MD di Semarang, Jawa Tengah, Kamis.

Menurutnya, Ponpes Al-Zaytun merupakan lembaga pendidikan yang harus dikembangkan. Namun, mereka yang melakukan berbagai pelanggaran hukum harus ditindak tegas sesuai dengan laporan dan informasi konkrit tentang peristiwa yang terjadi di masyarakat.

“(Ponpes Al-Zaytun) Katanya masih menerima pendaftaran. Silahkan dibuka pendaftarannya karena Ponpes adalah lembaga pendidikan yang harus kita bangun," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Mahfud juga menegaskan bahwa ada aspek hukum pidana dari polemik Ponpes Al-Zaytun yang harus diselesaikan.

“Al-Zaytun ada aspek hukum pidana, tentu dia akan ditindak oleh Polri dan tidak akan diusut, tidak ada satu hal pun yang bisa diusut. Jika ya, ya, jika tidak, tidak. Kalau laporan diterima kan ada kendala sana-sini, tidak jelas  ," ujarnya.

Hal itu disampaikan Mahfud MD usai menjadi khatib sholat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Raya Jawa Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis.

Sebelumnya, Mahfud telah menyampaikan tiga tindakan yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan Pondok Pesantren Al-Zaytun, yakni pidana, administrasi, serta ketertiban dan keamanan sosial.

Pesantren Al-Zaytun menuai kontroversi di kalangan masyarakat karena aktivitasnya dinilai tidak sesuai dengan ajaran Islam. Pimpinan ponpes juga diduga melakukan tindak pidana.

Tim investigasi telah dibentuk untuk mengusut dugaan pelanggaran yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Zaytun. Kementerian Agama akan membahas nasib Pondok Pesantren Al Zaytun dengan pemangku kepentingan terkait setelah mendapatkan informasi dan penelitian yang komprehensif tentang lembaga pendidikan tersebut
.
Berita ini juga pernah tayang di Antaranews . com dengan judul: Zaytun


Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024