Makassar (ANTARA) - Masyarakat kawasan pesisir Desa Bonto Jai, Kecamatan Bisappu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan menikmati manfaat kehadiran prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) air siap minum (arsinum) yang disediakan Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Alhamdulillah, masyarakat Desa Bonto Jai di Kabupaten Bantaeng telah merasakan manfaat dalam mendapatkan air minum yang aman dan sehat dengan hadirnya teknologi arsinum,” kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Senin.

Penyediaan PSU air siap minum menjadi salah satu program prioritas Pemprov Sulsel di bawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Dalam menghadirkan PSU ini, Pemprov Sulsel bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Teknologi arsinum merupakan jawaban atas kebutuhan air siap minum untuk masyarakat. Teknologi arsinum yang akan dipasangkan merupakan produk inovasi yang telah teruji dengan menggunakan serangkaian teknologi proses dan telah memenuhi standar air minum yang aman berdasarkan hasil uji laboratorium.

Andi Sudirman menjelaskan sasaran pembangunan PSU arsinum ini untuk diberikan kepada masyarakat kepulauan, pesisir, dan daerah rawan air minum layak dan aman.

"Kita berharap dengan adanya teknologi arsinum ini akan bermanfaat untuk masyarakat kita di kepulauan maupun di pesisir, sehingga masyarakat dapat menikmati air minum layak dan aman," ujarnya.

Masyarakat di kawasan Pesisir Desa Bonto Jai merasakan manfaat kehadiran teknologi arsinum.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Gubernur, Bapak Andi Sudirman Sulaiman atas bantuan pengolahan arsinum di desa kami. Semoga tetap bermanfaat untuk masyarakat di sini dan bernilai ibadah di sisi Allah,” kata Jabal Nur, salah seorang warga setempat.

Warga lainnya, Ilham, mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada gubernur atas kontribusi kepada desa tersebut.

Pemprov Sulsel telah merealisasikan PSU arsinum 10 unit pada 2022, sedangkan pada 2023 sebanyak 11 unit, antara lain di empat kabupaten, yakni Kabupaten Kepulauan Selayar di Pulau Bahuluang, Desa Khusus Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu, di Pulau Karumpa, Desa Karumpa, Kecamatan Pasilambena, Pulau Latondu, Desa Latondu, Kecamatan Takabonerate, Pulau Tarupa, Desa Tarupa, Kecamatan Takabonerate.

Sebanyak dua unit dibangun di wilayah kepulauan di Pangkep, yakni Pulau Salemo, Desa Mattiro Bombang, Kecamatan Tuppabiring Utara dan Pulau Saugi, Desa Mattirobaji, Kecamatan Tuppabiring Utara.

Selain itu, di Dusun Pulau Kambuno, Desa Pulau Harapan, Pulau Sembilan, Sinjai, kawasan pesisir Lingkungan Gusunge, Kelurahan Kalumeme, Bulukumba, kawasan pesisir Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kabupaten Maros, dan kawasan pesisir Kelurahan Langnga, Kabupaten Pinrang.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024