Makassar (ANTARA) - Delegasi pemuda Singapura mengikuti Youth City Changers yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar Andi Pattiware di Makassar, Kamis, mengatakan keterlibatan delegasi pemuda Singapura berkat inisiasi Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto.

"Berkat inisiasi dari bapak wali kota, puluhan delegasi pemuda Singapura dan lainnya dari berbagai daerah itu bisa hadir di Apeksi XVI 2023 ini," ujarnya.

Dia mengatakan delegasi Youth City Changers tidak hanya berasal dari pemuda Singapura, tetapi ada 98 pemuda lainnya dari berbagai kota di Indonesia yang akan hadir..

"Alhamdulillah kami sudah mendapatkan konfirmasi kalau National Youth Council Singapura akan mengirimkan lima orang delegasi pemuda dari sana," katanya.

Kehadiran delegasi pemuda Singapura di Youth City Changers, kata Andi Pattiware, memberikan perspektif baru terkait solusi dari masalah kepemudaan yang terjadi, khususnya di negara maju seperti Singapura.

"Mereka nantinya akan mengikuti forum membahas isu-isu kepemudaan bersama dengan pemuda-pemuda di Indonesia," ujarnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Muhammad Dasysyara Dahya menjelaskan peserta Youth City Changers nanti akan dibagi menjadi empat komisi.

Delegasi pemuda baik dari Indonesia maupun Singapura akan membahas empat tema, diantaranya digitalisasi, kepemimpinan masa depan, pemberdayaan, dan keberlanjutan (sustainability).

"Masing-masing dari komisi nanti akan memaparkan status quo atau keadaan di daerahnya masing-masing, dan akan ditanggapi pemuda dari kota lain. Apakah pernah terjadi dan solusinya seperti apa," jelasnya.

Hasil dari forum diskusi tersebut, lanjutnya, akan disampaikan pada saat puncak acara Rakernas Apeksi XVI di hadapan 98 wali kota se-Indonesia.

"Mereka akan menyusun draf poin dan hasilnya akan dibacakan saat puncak Rakernas Apeksi. Jadi teman-teman pemuda akan menyampaikan apa yang selama ini menjadi keresahan di kota masing-masing," ucapnya.

Pada Youth City Changers Rakernas APEKSI XVI akan berlangsung di Tokka Tena Rata Kabupaten Maros pada 10-11 Juli 2023.

Mengusung tema "Kolaborasi Kaum Muda untuk Indonesia Kuat," kegiatan itu menghadirkan empat pembicara yakni, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, dan Ketua Apeksi Bima Arya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024