Mamuju (ANTARA) - Dua karateka Sulawesi Barat berhasil menyabet medali pada hari pertama Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Flobamora Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Pada hari pertama Kejurnas Karate di Kupang, dua atlet Sulbar berhasil meraih medali," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulbar Safaruddin Sanusi DM, di Mamuju, Kamis.

Kedua atlet Sulbar yang berhasil meraih medali, yakni Naufal Nizar Darmawan yang merupakan siswa SMP Negeri 4 Mamuju, meraih medali emas di kelas Kumite Perorangan Putra-55 kategori SMP.

"Naufal berhasil mengalahkan atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) asal Provinsi Gorontalo," katanya.

Kemudian, Nabila Samuel, juga siswa SMP Negeri 4 Mamuju, berhasil meraih medali perunggu di kelas Kumite Perorangan Putri-53 kategori SMP.

"Untuk tiga atlet PPLP Sulbar kategori SMA, baru akan berlaga besok (Jumat) dan Sabtu (15/7) melawan beberapa atlet dari berbagai provinsi," terang Safaruddin.

Ia menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih atlet PPLP asal Sulbar tersebut.

"Ini membuktikan bahwa pembinaan olahraga di PPLP, khususnya karate sangat dibutuhkan sebagai bentuk pembinaan olahraga usia dini," ujar Safaruddin.

Hal tersebut tambahnya, juga sebagai awal dan babak baru dalam pencapaian pembinaan olahraga PPLP sebab atlet karate baru pertama kali mengikuti Kejurnas PPLP dan langsung mendapat medali emas dan perunggu.

"Ini luar biasa. Sebagai Kadispora Sulbar saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh kontingen Sulbar, mulai dari ketua kontingen, pelatih dan kawan-kawan di PPLP yang selama ini membina, yang membina dan melatih anak-anak kita," kata Safaruddin.

Pemerintah lanjut Safaruddin, akan memberikan apresiasi kepada yang memperoleh medali, baik emas, perak maupun perunggu.

"Sesuai arahan pimpinan, baik Penjabat Gubernur Sulbar maupun Sekda para atlet yang berprestasi akan diberikan apresiasi dan penghargaan. Jumlahnya ditentukan setelah selesai pertandingan di Kupang pada 15 Juli 2023," terang Safaruddin.

Apalagi tambahnya, Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakhrulloh, juga merupakan olahragawan karate, sehingga menyampaikan apresiasi atas perolehan membanggakan dari PPLP Sulbar.

"Pak Penjabat Gubernur telah mengapresiasi hasil sementara yang dicapai anak-anak PPLP. Beliau bangga dan senang atas prestasi ini dengan harapan bahwa PPLP ke depan tentu lebih baik lagi kualitas pemain dan fasilitas tempat latihan para atlet kita," jelas Safaruddin.

Pemprov Sulbar tambahnya, akan terus memberikan dukungan kepada PPLP dalam meningkatkan prestasi olahraga, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Intinya, kita akan selalu memberikan dukungan generasi kita untuk menjadi atlet-atlet berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional," kata Safaruddin.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024