Mamuju (ANTARA) - Festival Manakarra Fair akan meramaikan perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat ke-483.

Pendiri Festival Manakarra Fair, Veronica Wijaya di Mamuju, Kamis mengatakan Festival Manakarra Fair pada HUT Mamuju  tahun 2023 dijadikan sebagai kegiatan untuk memperkenalkan kekayaan tradisi, dan komunitas kreatif di Mamuju.

Beberapa rangkaian kegiatan di antaranya makanan oleh oleh khas Kabupaten Mamuju, yang terdiri dari 70 Brand Makanan Food and Beverages.

"Pada acara Manakarra Fair juga akan melibatkan 40 brand usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) bersertifikasi halal, yang digelar bekerja sama rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," katanya

Menurut dia, event lainnya yang digelar adalah art dan kraft, fashion, yang akan dimeriahkan lebih 200 orang musisi dan penari tradisional dan pagelaran Keke Muane-Keke Baine 2023, atau pemilihan putra putri daerah Mamuju.

Baca juga: Pemkab Mamuju gelar pesta kuliner merayakan HUT ke-483

"Manakarra Fair juga akan menghadirkan Musical parade Manakarra Musician Community, Marching Band, kolaborasi tarian Wonderlan Indonesia, serta berbagai acara yakni, pemain band, musik tradisional, serta terdapat event tarian budaya diantaranya Tari Sayo Api, cerita cinta Lasalaga dan Manggarru.

Ia menyampaikan, manakara fair pada HUT Mamuju akan dibuat menarik untuk membentuk publikasi dari sebuah event, sehingga dapat mengikuti karisma event nusantara yang menggelar 130 event di Indonesia," katanya.

Ia juga menyampaikan, hal menarik lainnya pada Manakarra Fair adalah akan menyediakan booth ‘The Heritage of Mamuju’, serta menyuguhkan acara Live Tenun, serta pesta makanan tradisional Mamuju, dengan menu makanan tradisional seperti Jepa, Bau Peapi dan Penja, yang dapat dinikmati para wisatawan yang menyaksikan HUT Mamuju.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mamuju, Ariady Ikhsan, mengatakan, peringatan HUT Mamuju ke-483 akan digelar secara terbuka agar dirasakan masyarakat Mamuju secara luas.

Ia mengatakan pada perayaan HUT Mamuju ke-483 akan dilaksanakan sidang paripurna DPRD Mamuju, karena HUT Mamuju merupakan hari istimewa setelah digelr pesta rakyat dan festival Manakarra Fair.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024