Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Alwi Farhan tampil cerdik pada babak 16 besar Kejuaraan Badminton Junior Asia (BAJC) 2023, karena mampu memanfaatkan kelemahan lawan untuk melenggang ke perempat final, Jumat.

Dalam laga yang digelar di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Alwi menang straight games 21-9, 21-13 atas tunggal putra Thailand Wongsup Wongsup-In.

"Lawan tidak bisa keluar dari tekanan. Saya bermain lebih nyaman dari sebelumnya. Saya mencoba untuk menekan lawan terlebih dahulu," tutur Alwi melalui keterangan resmi PP PBSI di Jakarta.

Alwi merasa diuntungkan karena lawannya tidak bisa keluar dari tekanan. Bahkan tekanan yang ia berikan, membuat Wongsup kesulitan untuk mengembangkan bentuk permainan terbaiknya.

Wongsup pun akhirnya harus menyerah setelah menghadapi wakil tuan rumah dalam tempo 26 menit.

Perjalanan panjang yang dilalui Alwi pada BAJC 2023 membuatnya terus berusaha menjaga motivasi dan mental bertanding supaya tidak mengendur.

Baca juga: BAJC 2023 - Alwi Farhan bawa Indonesia unggul 2-0 atas India di perempat final

Apalagi ia lebih dulu tampil pada nomor beregu campuran dan didapuk sebagai kapten timnas Indonesia.

"Pastinya saya selalu punya motivasi, ingin memberikan yang terbaik dengan menjaga kondisi dan mental bertanding. Sehingga performa saya terus meningkat," pungkas Alwi.

Pada babak delapan besar, Alwi akan berjumpa tunggal putra China Huang Jia Min, yang pada laga sebelumnya mengantongi keunggulan 21-16, 21-17 atas Cho Hyeon Woo dari Korea Selatan.

"Persiapan untuk menghadapi laga nanti malam saya ingin menjaga kondisi terlebih dahulu. Setelah recovery saya mencoba untuk berjuang lagi untuk masuk semifinal," pungkas Alwi.

Selain Alwi, masih ada dua tunggal putra Indonesia yang berjuang pada babak 16 besar BAJC 2023. Mereka adalah Prahdiska Bagas Shujiwo dan Bodhi Ratana Teja Gotama yang akan berjuang menyusul Alwi ke perempat final.

Bagas akan menghadapi Ma Cheng Yi asal Taiwan, sedangkan Bodhi dijadwalkan melakoni pertandingan ketat melawan tunggal putra China Zhang Zhi Jie.

Pewarta : Roy Rosa Bachtiar
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024