Makassar (ANTARA) - Sebanyak 14 penyelam Sulawesi Selatan turut berlaga pada ajang kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) di Jakarta, 17-23 Juli 2023.

Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Sulawesi Selatan Irwan Intje, yang dihubungi dari Makassar, Selasa, mengatakan atlet yang saat ini tengah berjuang itu terdiri dari 10 atlet putra dan sisanya merupakan penyelam putri.

"Babak kualifikasi PON sedang berlangsung saat ini. Kami berharap seluruh atlet mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya baik di nomor kolam dan OBA," ujar dia.

Ia menjelaskan, dari dua nomor yang di pertandingkan tersebut, Pengurus Provinsi (Pengprov) POSSI Sulsel berharap banyak dapat meloloskan atlet di nomor fin swimming orientasi bawah air (OBA).

Baca juga: Pengprov POSSI Sulsel siapkan 20 atlet untuk Pra PON Jakarta

Pengalaman serta peningkatan kemampuan atlet selama di Makassar, diharapkan bisa menjaga persaingan perebutan tiket berlaga di PON XXI Aceh-Sumatera Utara pada 2024 mendatang.

Adapun lawan yang dinilai punya potensi menjungkalkan target tiket PON 2024 diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat termasuk tim selam dari Jawa Timur.

Pra-PON 2023 menetapkan sistem kelolosan berdasar kuota dalam long list. Artinya untuk nomor kolam akan diambil peringkat 1 hingga 5, sedangkan nomor OBA akan diambil peringkat 1-9 yang dinyatakan berhak tampil di PON 2024.

"Insya Allah, kita berharap bisa meloloskan atlet di nomor OBA," ujar Irwan Intje.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024