Makassar (ANTARA) - Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mengoptimalkan layanan jasa  6 anak perusahaan pada pelanggan.

"Salah satu upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang maritim adalah melakukan workshop pada awak kapal sesuai standar yang berlaku," kata Sekretaris Perusahaan SPJM  Tubagus Patrick Tribudi  Utama di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, pentingnya workshop tersebut dalam meningkatkan kapasitas SDM awak kapal, agar pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa itu sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

Baca juga: SPJM dan anak perusahaan terapkan layanan ramah lingkungan

Baca juga: SPJM terus tingkatkan pemahaman komprehensif para awak kapal

Menurut dia, SPJM  sendiri mengelola 6 anak perusahaan yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk., PT Pelindo Marine Service, PT Equiport Inti Indonesia, PT Jasa Peralatan Pelabuhan, PT Energi Pelabuhan Indonesia, dan PT Pengerukan Indonesia.

Selain itu juga mengoperasikan dua cabang, yaitu Cabang Batam dan Sentral Business Unit  Pelayanan Kapal (SBU Pelkap).

Termasuk tiga cucu perusahaan yaitu PT Alur Pelayaran Barat Surabaya, PT Berkah Multi Cargo, dan PT Pelindo Energi Logistik.

Anak perusahaan PT Pelindo yakni SPJM, memiliki bisnis dan pengalaman di bidang jasa layanan marine (Marine), peralatan pelabuhan (Equipments), dan jasa kepelabuhanan (port utilites), disingkat MEPS.

Khusus layanan marine berupa pemanduan dan penundaan kapal, penyediaan air dan pengelolaan sampah. Layanan peralatan berupa penyediaan peralatan pelabuhan, pemeliharaan (maintenance), dan kerja sama peralatan.

Untuk layanan utilitas berupa pemeliharaan alur pelayaran, pengerukan, dan penyediaan sumber energi listrik bagi kapal yang bersandar dan fasilitas di pelabuhan.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024