Mamuju (ANTARA Sulbar) - Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Kadispora) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, menegaskan, peran guru menjadi penentu masa depan bagi anak didik selaku generasi penerus cita-cita bangsa.

Hal ini disampaikan Kadisdikpora Kabupaten Mamuju, Hj.Siti Saleha Duka dalam rangkaian kegiatan Halal Bihalal yang digelar di Mamuju, Rabu.

Saleha Duka menyampaikan keberadaan guru dan tenaga kependidikan tentu memiliki peranan yang cukup strategis dalam upaya peningkatan sumberdaya manusia.

Karena itu, kata dia, guru hendaknya mampu bergerak dinamis mengikuti perkembangan era globalisasi serta menuntut profesionalisme para guru untuk ditingkatkan lagi.

"Guru merupakan pahlawan tanda jasa yang sangat berperan membentuk karakter terhadap anak didiknya. Jika guru mampu membentuk karakter anak didik maka kelak akan tumbuh menjadi generasi muda yang paripurna," ungkapnya.

Saleha Duka juga menilai salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perkembangan kualitas guru dan tenaga kependidikan adalah faktor lingkungan sosial.

"Kondisi lingkungan sosial sedikit banyak ditunjang dengan silaturahim. Karena itu, guru harus mampu memanfaatkan kondisi lingkungan sekitar," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Mamuju, Suhardi Duka ikut mengapresiasi atas upaya Disdikpora dalam menggenjot peningkatan SDM-nya.

Karena itu, seluruh guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugasnya tidak hanya berdasarkan atas adanya kewajiban yang harus dipenuhi melainkan diharapkan dapat mendidik dengan menggunakan hati.

Bupati dua periode ini juga menghimbau agar guru tidak berkecil hati untuk menghadapi persaingan dalam era globalisasi saat ini.

"Guru harus bisa beradaptasi ditengah persaingan era globalisasi atau modernisasi. Jika guru berusaha dan kerja keras maka hasilnya pasti bisa," katanya.

Kegiatan Halal bi Halal ini juga dihadiri Ketua Tim penggerak PKK Hj.Harsina Suhardi, Wakil ketua DPRD Kabupaten Mamuju Hj.Siti Suraidah, serta ratusan guru dan kepala sekolah se-kabupaten Mamuju. Agus Setiawan
  

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024