Makassar (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Muhammad Roem mengatakan pihaknya optimistis  menyumbang sekitar 25 persen dari total pendapatan asli daerah (PAD) Kota Makassar pada akhir 2023.

"Hal ini bercermin dari realisasi PAD 2022 yang mencapai sekitar Rp1,5 triliun, Dispar Makassar menyumbang senilai Rp345 miliar," kata Muhammad Roem di Makassar, Selasa.

Mencermati kondisi tersebut, kata dia, pihaknya optimistis minimal dapat mencapai target serupa dengan menyumbang 25 persen dari total PAD Kota Makassar.

Apalagi pasca-pandemi COVID- 19, kegiatan wisata MICE semakin meningkat yang menjadikan Kota Makassar sebagai tuan rumah kegiatan konvensi konsep dan kegiatan berskala nasional serta internasional.

Sebagai gambaran, pada saat kegiatan pertemuan nasional Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (Apeksi) 2023, Makassar menjadi tuan rumah pada Medio Juli 2023.

"Hal ini memberikan dampak positif pada tingkat okupasi hotel di Kota Makassar yang rata-rata penuh pengunjung di setiap hotel," katanya.

Begitu pula dengan kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang memusatkan kegiatan angkatan laut dari berbagai negara dengan 97 delegasi hadir di Kota Makassar dan mengisi sekitar 9.000 kamar di hotel yang tersebar di Kota Makassar.

Kegiatan baik skala nasional dan internasional tersebut juga memiliki dampak positif terhadap pendapatan pelaku UMKM dan industri ekonomi kreatif di Makassar dan sekitarnya.

"Pada kegiatan MNEK 2023 yang lalu wali kota melansir terdapat sekitar Rp54 miliar uang beredar di Kota Makassar," kata Muhammad Roem.

Baca juga: Wali Kota Makassar berharap semua OPD kolaborasi capai PAD Rp2 triliun
 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024