Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi UPG Makassar menyambut jamaah haji Kloter 41 yang merupakan gabungan dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan.

Kepala Bidang (Kabid) Layanan Lansia dan Disabilitas PPIH Debarkasi UPG Makassar Mulyadi Idy di Makassar, Rabu, mengatakan jamaah haji yang baru tiba di Tanah Air pada Selasa dini hari Pukul 02.13 WITA itu akan beristirahat sejenak di Asrama Haji Sudiang Makassar sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

"Selamat datang kembali di Tanah Air, semoga ibadah haji yang dilaksanakan selama lebih 40 hari di Tanah Suci Mekkah menjadikan kita semua hamba yang dirahmati dan mendapat keberkahan haji mabrur," ujarnya.

Pada kesempatan itu Mulyadi Idy juga menyerahkan secara resmi jamaah haji Kloter 41 kepada perwakilan pemerintah daerah (pemda) asal jamaah usai menerima secara langsung.

Jamaah haji Kloter 41 yang diserahkan tersebut merupakan gabungan jamaah haji dari tiga kabupaten yakni Kabupaten Bantaeng (202 orang), Kabupaten Bulukumba (161 orang), dan Kabupaten Luwu Timur (23 orang), serta dua peserta haji tanazul atau pindahan dari Kabupaten Pinrang dan Provinsi Maluku.

Salah satu penumpang tanazul pada Kloter 41 ini yakni Dalle Landaso Cadong asal Kabupaten Pinrang yang sebelumnya berada di rombongan Kloter 38. Dalle Landaso pindah kloter karena sedang sakit dan meninggal dunia jelang pesawat mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

“Sebelum kami menyerahkan Kloter 41 ini, kami memohon keridhoan bapak ibu untuk mengirimkan Al Fatihah kepada jamaah eks Kloter 38 yang ikut di Kloter 41 yang telah berpulang ke Rahmatullah, semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala,” ajak Mulyadi Idy.

Selanjutnya ia menyerahkan Kloter 41 kepada pemda  asal jamaah yang diwakili oleh Asisten I Setda Kabupaten Bantaeng, Hartawan. Ia meminta maaf jika ada sesuatu hal yang kurang berkenan mulai pada pemberangkatan sampai pemulangan jamaah haji. 

Untuk jamaah haji lansia pada Kloter 41 ini sebanyak 77 orang dengan usai tertua 95 tahun atas nama Beddu Muhammad Boja Paro asal Kabupaten Bantaeng.

Adapun jumlah jamaah embarkasi UPG Makassar yang telah kembali ke Tanah Air per tanggal 2 Agustus 2023 sebanyak 16.028 orang.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024