Makassar (ANTARA) -  Subholding Pelindo Jasa Maritim hingga saat ini memiliki 247 orang yang melayani pemanduan di wilayah Barat Sumatera dan wilayah Timur Indonesia.

"Hingga akhir tahun ini akan mengelola layanan pandu di seluruh Indonesia dengan kekuatan pandu kurang lebih 600 orang," kata Direktur SDM SPJM Racmat Prayogi di Makassar, Sulsel, Rabu.

Dalam hal skill pelayanan pandu laut dalam, lanjut dia, SPJM memiliki 58 orang pandu dengan skill level 1 yang tentunya akan membutuhkan skill refreshment dan peningkatan pengalaman pemanduan di laut dalam secara berkesinambungan.

Dari segi pelayanan tugging juga sudah dilakukan oleh SPJM di hampir seluruh Indonesia yang dilakukan oleh anak perusahaan atau subsidiary company dan di sisi lain juga telah dikembangkan pelayanan perawatan alat bongkat muat serta port service di pelabuhan-pelabuhan di bawah Pelindo Group.

“Dari sini dapat terlihat bahwa terdapat banyak sekali opportunity yang dapat dikembangkan baik untuk dikerjakan sendiri maupun dilakukan secara aliansi dengan mitra lain," ujar Rachmat.

Sementara itu Md. Derick dari Johor Port Bhd berkata, lembaran baharu dalam hubungan maritim antara kedua negara.

“Kami juga percaya bahawa dengan memanfaatkan kekuatan kolektif bersama, kami boleh mewujudkan sinergi yang akan memberi manfaat kepada seluruh komunitas maritim,” katanya.

Tindak lanjut dari kemitraan dengan Johor Port ini, khususnya di bidang Pelatihan SDM, maka pada tahap awal SPJM akan mengirimkan para Pandu Indonesia Ke Johor Port Skill untuk dapat belajar dan melakukan On Job Training dalam Pemanduan Laut dalam khususnya area selat Malaka.

Selain itu, di bidang kerja sama operasi maupun komersial, diharapkan kedua belah pihak dapat segera membahas untuk menggali potensi masing-masing dalam usaha memanfaatkan peluang bisnis marine yang belum dioptimalkan.

Direksi, Rachmat menyampaikan terima kasih kepada Malaysia khususnya Pelabuhan Johor atas sambutan hangatnya dan berharap HoA ini dapat menjadi langkah awal yang selanjutnya dapat diikuti dengan langkah langkah nyata untuk saling bekerjasama yang pada gilirannya dapat meningkatkan pertumbuhan yang positif bagi kedua belah pihak.

Berita ini juga telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Subholding Pelindo miliki 247 kru pemandu di wilayah Barat dan Timur 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024