Jakarta (ANTARA) - Para pembalap motocross (crosser) nasional mulai dari Lantian Juan hingga Muhammad Excel siap bersaing memperebutkan podium juara pada ajang Trial Game Dirt 2023 seri keempat yang akan digelar pada 11-12 Agustus di Sirkuit Lapangan Sedan Bagongan, Magelang, Jawa Tengah.

Para crosser yang berasal dari berbagai daerah ini bakal mengisi persaingan ketat musim ini, khususnya di kelas utama yakni FFA dan Campuran Open. Selain Juan dan Excel, ada pula Ivan Harry, Asep Lukman, serta para pembalap muda seperti M. Zulmi, Yeni Oreo, dan Rafi Ade.

"Saya optimistis bisa tampil maksimal di Magelang. Persiapan yang paling utama adalah latihan fisik dan juga setting motor untuk seri keempat ini. Selebihnya saya berusaha fokus saja supaya bisa gaspol di lintasan. Mudah-mudahan bisa dapat hasil terbaik dan jadi juara," kata Juan, dikutip dari keterangan resmi, Senin.

Lebih lanjut, ia mengatakan dirinya wajib unggul di Magelang demi merebut posisi puncak klasemen Campuran Open dari pesaing terberatnya, Excel. Ia juga mewaspadai performa dan potensi dari crosser muda Rafi Ade.

Di sisi lain, Agnes Wuisan dari 76Rider selaku penyelenggara Trial Game Dirt mengatakan persaingan di antara para crosser menjadi sinyal positif yang akan menambah keseruan jalannya balapan yang berlangsung pertengahan Agustus nanti.

"Persaingan sengit masih terus terjadi sejak tiga seri Trial Game Dirt 2023 yang sudah bergulir. Aksi dan performa para crosser juga sangat memuaskan dan sangat menghibur para pecinta balap di setiap kota," kata Agnes.

Pemilihan Magelang pun menyusul banyaknya pegiat olahraga balap garuk tanah tersebut, serta harapan untuk menarik minat para crosser lokal di sekitarnya.

"Wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, termasuk Magelang, banyak melahirkan crosser-crosser berprestasi di tingkat nasional, baik grasstrack, motocross, maupun adventure. Ini juga yang jadi pertimbangan lokasi seri keempat di Magelang," ujar Direktur Genta Auto & Sport Mariachi Gunawan.

Mariachi menambahkan, karakter lintasan yang telah disiapkan juga cukup menantang untuk para pembalap yang akan berlaga. Berbekal arena yang luas, lintasan perpaduan dari tanah dan rumput, serta kontur tanah yang tidak terlalu keras diyakini bakal mengeluarkan kemampuan terbaik para pebalap yang akan berlaga.

"Pastinya putaran keempat di Magelang akan sengit. Obstacles seperti double car jump, jumping patah, giant table, titian kobra serta paling anyar jumping kurma royal bakal menjadi tantangan yang harus ditaklukkan para rider," imbuh Mariachi.

Sejauh ini persaingan para crosser di Trial Game Dirt 2023 masih sangat kompetitif. Di kelas Campuran Open, klasemen masih dipimpin oleh Excel dengan 70 poin, terpaut tipis ada Juan dengan 69 poin. Sementara posisi ketiga dan keempat diisi Asep Lukman (58 poin) dan Ivan Harry (56 poin).

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024