Makassar (ANTARA) - Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) memperkenalkan potensi UMKM melalui pemasaran digital atau digital marketing dengan melakukan kegiatan workshop bagi pelaku UMKM.

"SPJM adalah bagian dari Pelindo Group menggelar kegiatan workshop dengan mengangkat tema 'UMKM Sukses dengan Digital Marketing” sebagai upaya mendorong geliat ekonomi," kata Sekretaris Perusahaan SPJM, Tubagus Patrick di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, workshop tersebut digelar sebagai bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) SPJM. Dalam pelaksanaannya, SPJM berkolaborasi dengan Komunitas Digital Marketing yaitu PT Paletteki Creative Studio.

Hal ini diimplementasikan langsung oleh SPJM sebagai wujud dukungan untuk memajukan bisnis UMKM di indonesia secara digital dan juga meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program pembinaan kewirausahaan.

Sejalan dengan hal tersebut, SPJM yang merupakan bagian dari Pelindo Group merangkai tiga tahapan dalam program Digital Marketing ini yaitu tahap pertama dilakukan sosialisasi kegiatan digital marketing dengan menghadirkan 60 UMKM secara "offline" yang telah tersaring kurang lebih 250 peserta UMKM dan ratusan peserta lainnya mengikuti secara online melalui via "Zoom Meeting".

Adapun tujuan program ini, lanjut Tubagus Patrick adalah membantu peningkatan "brand awareness" SPJM melalui program CSR.

Selain itu, juga untuk membantu memajukan bisnis UMKM secara digital serta meningkatkan potensial SDM melalui program pembinaan kewirausahaan.

Workshop Digital Marketing ini menghadirkan tiga pemateri mulai dari praktisi digital marketing, Owner Platform Digital Kasir serta Marketing Officer yaitu Akhmad Nurkholis, Khulafaur Rasyidin dan Deni Wibowo.

Dalam kegiatan ini peserta yang hadir dari berbagai sektor usaha seperti kuliner, fashion, agrobisnis, percetakan, dan bidang lainnya, turut antusias mengikuti workshop yang diselenggarakan SPJM ini.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Koperasi & UKM Pemerintah Kota Makassar, Muhammad Rheza mengatakan,
pihaknya siap mendukung penuh apapun terkait UMKM baik dalam bentuk kolaborasi maupun membantu SPJM dalam peningkatan pengetahuan UMKM melalui Inkubator bisnis yang telah dibentuk di Pemkot Makassar, sehingga UMKM Makassar dapat naik kelas.

“Kegiatan Digital Marketing yang diadakan oleh SPJM ini, memberikan pengetahuan baru mengenai digital marketing dan bagaimana menggunakan marketplace dengan baik dan benar,’’ imbuh Astiwi selaku Owner Sygmama Project, salah satu peserta yang mengikuti pelatihan
Digital marketing.
  Suasana foto bersama dengan pelakuk UMKM dan Sekretaris Perusahaan Subholding Pelindo Jasa Maritim, Tubagus Patrick di sela workshop tentang digital marketing di Makassar. Antara / Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024