Mamuju (ANTARA) - Bhayangkari Daerah Sulawesi Barat mendukung upaya pemerintah daeraah setempat dalam upaya menekan angka stunting melalui intervensi spesifik dengan mengoptimalkan pemanfaatan pangan olahan kebutuhan medis khusus (PKMK).

"Kami turut mendukung upaya pemerintah dalam menekan angka stunting dengan melakukan intervensi spesifik melalui optimalisasi pangan olahan kebutuhan medis khusus," kata Ketua Bhayangkari Daerah Sulbar Miranti Adang di Mamuju, Selasa.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi, terutama pada 1.000 hari pertama kelahiran.

Cirinya, kata dia, bisa terlihat pada kondisi fisik anak di mana panjang atau tinggi badan menurut umurnya lebih rendah dari standar nasional, ditambah lagi tingkat kecerdasan anak tidak optimal.

Untuk mengatasi anak dengan masalah anak yang gagal tumbuh, katanya, pemberian pangan olahan kebutuhan medis khusus menjadi prioritas Bhayangkari Daerah Sulbar karena hal salah satu solusi efektif penanganan stunting

"Jadi ke depan, kami akan memaksimalkan pemberdayaan pemberian pangan olahan untuk kebutuhan medis khusus, tentunya dengan menggandeng pihak kesehatan" ujar Miranti Adang.

Menurut dia, tanpa optimalisasi pemanfaatan pangan olahan untuk kebutuhan medis khusus, mustahil 1.000 hari pasca-kelahiran anak dapat diselamatkan dari kasus stunting.

"Sebagai bentuk keseriusan bersama menangani stunting di wilayah, misi kita bersama adalah berkomitmen sebagai promotor untuk mewujudkan generasi berkualitas," katanya.

Kapolda Sulbar Inspektur Jenderal Polisi Adang Ginanjar menyatakan telah memerintahkan jajarannya bersinergi dengan instansi terkait dalam menurunkan angka stunting di daerah itu.

Ia optimistis target penurunan angka stunting hingga 14 persen dapat tercapai jika seluruh pihak di daerah itu bekerja sama. Kasus stunting di daerah setempat saat ini di angka 35 persen.

PKMK merupakan pangan olahan yang diproses atau diformulasi secara khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi orang dengan penyakit atau gangguan kesehatan tertentu, termasuk anak yang mengalami gagal tumbuh akibat kondisi medis khusus.

PKMK bisa diberikan sebagai makanan pengganti maupun makanan tambahan. Salah satu jenis PKMK untuk anak gagal tumbuh adalah formula padat energi yang memiliki kandungan kalori dan protein tinggi yang bertujuan meningkatkan berat badan anak secara cepat.

Selain itu, formula PKMK umumnya juga dilengkapi dengan nutrisi yang bisa memperkuat sistem imun, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, serat, zat besi dan prebiotik FOS:GOS, agar anak yang mengalami gagal tumbuh tidak mudah terserang penyakit.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024