Mamuju (ANTARA) - Sebanyak 51 pelajar mewakili Provinsi Sulawesi Barat pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI di Palembang Provinsi Sumatera Selatan, yang akan berlangsung mulai 26 Agustus hingga 4 September 2023.

"Pada Popnas tahun ini, kita berangkatkan 87 orang, yang terdiri 51 atlet, 14 pelatih dan 16 pendamping," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulbar Safaruddin Sanusi, pada pelepasan kontingen Popnas Sulbar, di Mamuju, Senin.

Pelepasan kontingen Popnas Sulbar tersebut dilakukan langsung Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh.

"Provinsi Sulbar mengikuti sembilan cabang olahraga dari 22 cabang olahraga dan 335 nomor pertandingan yang dilombakan pada Popnas XVI," ujar Safaruddin Sanusi.

Ia optimistis para atlet Sulbar dapat menorehkan prestasi di ajang Pornas XVI di Palembang, khususnya tiga cabang olahraga andalan Sulbar, yakni dayung, takraw dan karate.

"Walaupun di tengah keterbatasan, saya yakin atlet Sulbar mampu menorehkan prestasi maksimal, terutama pada cabor yang pernah mendapat prestasi dan kita berharap tahun ini dapat kembali menorehkan prestasi yang sama," terang Safaruddin Sanusi.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh mendorong para pelajar yang mewakili Sulbar pada ajang Pornas XVI di Palembang untuk dapat menorehkan prestasi bagi daerah itu.

"Ini patut disyukuri karena tidak semua bisa menjadi bagian dari tim Sulbar," ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Pada kesempatan itu, Penjabat Gubernur juga menyampaikan bahwa puncak dari olahraga adalah menjaga sportivitas dan mahkota olahraga.

Puncak kemenangan menurut Zudan Arif Fakrulloh, yaitu dengan memberikan teknik terbaik dengan penuh kebanggaan. 

"Ayo, harumkan nama Sulbar dengan membangun prestasi tinggi di cabang olahraga. Kuncinya, tidak usah memandang lawan Karena lawan sesungguhnya adalah terdapat dalam diri kita sendiri," jelas Zudan Arif Fakrulloh.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024