Makassar (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Selatan fokus kerja sama Antar Desa Lintas Kabupaten/Kota dalam upaya untuk menyejahterahkan masyarakat di daerah itu.

DPMD Sulsel memulai upaya itu dengan menggelar workshop dengan mengundang Ketua TGUPP Provinsi Sulawesi Selatan Murtir Jeddawi sebagai narasumber, 21-23 Agustus 2023

Kepala Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembangunan dan Usaha Ekonomi Desa Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan Andy, di Makassar, Rabu, berharap agar kegiatan ini mampu membawa dampak positif, terutama dalam usaha mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Sulawesi Selatan.

“Untuk menjadikan desa yang mandiri dalam memenuhi semua kebutuhan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat, diperlukan kerja sama antar desa lintas kabupaten/kota,” tuturnya

Ia menjelaskan, pelaksanaan kegiatan workshop ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan langkah-langkah implementasi pelaksanaan atas UU, PP dan Permendagri terkait Kebijakan Kerja sama Desa di Desa khususnya Kerja sama Antar Desa Lintas Kabupaten/Kota.

Peserta workshop ini merupakan pejabat yang menangani kerja sama desa di enam kabupaten, yaitu Bulukumba, Sinjai, Bone, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Gowa, dan Maros dengan total sebanyak 30 orang.

Sebelumnya, DPMD Sulsel bersama Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulsel juga telah merekomendasikan Desa Bulo, Sidenreng Rappang (Sidrap) mengikuti ajang Apresiasi Desa Tingkat Nasional 2023.

Rekomendasi tersebut dikeluarkan karena hanya Desa Bulo yang masuk dalam kategori 'Informatif' berdasarkan hasil penilaian Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh KI Provinsi Sulsel.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024