Makassar (ANTARA) - Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalokasikan bantuan anggaran sebesar Rp39 miliar untuk menuntaskan ruas jalan Bonglo - Pantilang, Kabupaten Luwu sepanjang 10,6 km.

"Alhamdulillah, telah selesai penanganan jalan ini oleh Pemkab Luwu melalui bantuan keuangan Pemprov Sulsel TA 2022 dan 2023, sebesar Rp39 miliar. Kita bersyukur dalam dua tahun bisa tangani dan tuntaskan sepanjang 10,6 km," kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangannya di Makassar, Kamis.

Gubernur termuda di Indonesia ini mengapresiasi Bupati Luwu Basmin Mattayang beserta jajaran yang memaksimalkan dan merealisasikan bantuan keuangan yang telah diberikan tersebut.

Terlebih jalan ini juga menghubungkan ruas jalan Provinsi pada ruas Bua - batas Toraja Utara di Kabupaten Luwu, yang saat ini perkembangannya sudah terealisasi sepanjang 2,2 km.

Dengan selesainya penanganan jalan ini, akan membuka akses masyarakat terisolasi, sekaligus memperlancar akses mobilitas masyarakat dari Luwu ke Toraja.

Ruas jalan ini, kata dia, akan menghubungkan akses jalan dari Palopo - Luwu - Toraja melalui ruas Palopo - Latuppa - Bonglo - Pantilang - Rantepao.

"Kami senang dengan kebahagiaan masyarakat dengan penanganan jalan ini. Hal ini sebagai wujud bukti pemerataan pembangunan yang berkeadilan dan secara bertahap," katanya usai meresmikan jalan didampingi Bupati Luwu Basmin Mattayang, dan Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Viktor Palimbong.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024